1.925 Personel Dikerahkan Selama Operasi Damai Cartenz, Ini Tugasnya #Personel #Dikerahkan #Selama #Operasi #Damai #Cartenz #Ini #Tugasnya

1.925 Personel Dikerahkan Selama Operasi Damai Cartenz, Ini Tugasnya

JawaPos.com – Operasi Damai Cartenz telah dimulai pada 17 Januari 2022 sampai dengan 31 Desember 2022 mendatang. Sebanyak 1.925 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan intens satgas ini.

“Jumlah personel yang terlibat sebanyak 1.925 personel,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (19/1).

Jumlah personel tersebut terdiri dari 1.824 anggota Polri dan 101 anggota TNI. Dari 1.824 anggota Polri, terdiri dari 528 anggota Polda Papua, dan 1.296 personel backup Mabes Polri.

“Operasi Damai Cartenz dilaksanakan intens rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Adalah fungsi preemtif dan preventif yang bersifat terbuka dan tertutup,” imbuh Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan menuturkan, Operasi Damai Cartenz juga akan meningkatkan peran tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat Papuq untuk memberikan imbauan agar menciptakan stabilitas keamanan. memakai begitu dapat terlaksananya agenda kegiatan lokal dan nasional di Papua.

“Kemudian juga satgas tersebut memberikan pelatihan pelatihan seperti pertanian, perikanan, serta pendidikan atau belajar mengajar dan mempublikasikan kegiatan kegiatan positif dari rekan rekan Binmas,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mabes Polri resmi mengganti nama Operasi Nemangkawi menjadi Damai Cartenz. Melalui operasi kali ini akan difokuskan dengan pendekatan kesejahteraan kepada warga Papua. Tidak lagi mengutamakan penegakan hukum intens menburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Iya betul menjadi Damai Cartenz. Pendekan soft approach diutamakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (11/1).

Dedi mengatakan Operasi Damai Cartenz berlaku selama enam bulan. Nantinya, Korps Bhayangkara akan melakukan analisa dan evaluasi (anev) untuk melihat kefektifan operasi tersebut.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menambahkan Operasi Damai Cartenz mulai berlaku 25 Januari 2022, sekaligus menandakan berakhirnya Operasi Nemangkawi.

“Cara bertindak yang dikedepankan intens Operasi Damai Cartenz ini persuasif dan preemtif dengan kedepankan fungsi intelijen, fungsi bimas, dan fungsi humas dengan didukung fungsi lain,” ucapnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

#Personel #Dikerahkan #Selama #Operasi #Damai #Cartenz #Ini #Tugasnya