30 Ribu Siswa SD Layak Vaksin Takaran Kedua • Radar Jogja #Ribu #Siswa #Layak #Vaksin #Takaran #Kedua #Radar #Jogja

30 Ribu Siswa SD Layak Vaksin Takaran Kedua • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Puluhan ribu anak usia 6-11 tahun yang merupakan siswa sekolah dasar (SD) di Kulonprogo dinyatakan telah siap untuk menjalani vaksinasi dosis kedua secara serentak pada Senin (17/1). Pemberian vaksinasi dosis kedua tersebut merupakan tindak lanjut dari tahapan vaksinasi tahap pertama yang telah dilalui oleh anak-anak pada 18 Desember 2021 lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan, adapun rincian jumlah anak di Kulonprogo yang sebelumnya telah selesai melaksanakan vaksinasi dosis pertama diketahui berjumlah 30.076 anak. Jumlah tersebut mencapai 84,82 persen dari total sasaran sebanyak 35.457 anak.

Dikatakan Baning, puluhan ribu anak tersebut layak menerima dosis kedua karena telah menyelesaikan jeda 28 hari setelah vaksinasi dosis pertama. Namun demikian, dari catatan tugas ada sebanyak 5.381 anak yang tidak bisa menjalani vaksinasi dosis pertama maupun kedua karena berbagai alasan.

Sementara untuk tindak lanjut bagi siswa yang sama sekali belum tervaksin, Sekertaris Dinas Kesehatan Kulonprogo itu menyatakan bahwa pihaknya bakal melakukan penyisiran secara menyeluruh. Paham kegiatan tersebut Dinas Kesehatan Kulonprogo menggandeng sekolah dan petugas kesehatan di tingkat puskesmas.

“Pencanangan vaksinasi dosis kedua sebenarnya sudah dilakukan pada Sabtu (15/1) di SDN Percobaan IV Wates namun digelar serentak pada Senin. Selain vaksinasi anak dosis kedua, bersamaan dengan kegiatan itu kami juga berikan vaksin booster atau dosis ketiga bagi guru,” ujar Baning, Minggu (16/1) kemarin.
Sebelumnya, Baning juga menyampaikan di awal tahun ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo menargetkan bisa menyuntikan 10 ribu vaksin booster atau vaksinasi dosis ketiga kepada masyarakat. Paham pelaksanaannya gugus tugas akan melakukan berbarengan dengan vaksinasi anak dan vaksin dosis pertama serta kedua.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan, intens pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya, gugus tugas juga tengah berfokus terhadap penyelesaian vaksinasi anak. Lalu setelah tahapan tersebut selesai, pihaknya akan melanjutkan kepada sasaran lain seperti lansia dan penyelesaian vaksinasi bagi masyarakat umum. “Setelah vaksinasi anak selesai, nantinya kami juga akan melanjutkan surveilans atau swab acak di sekolah-sekolah,” imbuh Wakil Bupati Kulonprogo ini. (inu/bah)

#Ribu #Siswa #Layak #Vaksin #Takaran #Kedua #Radar #Jogja