4 Ciri-Ciri Diabetes, Lebih Haus dari Biasanya hingga Kerap Buang Air Kecil #CiriCiri #Diabetes #Lebih #Haus #dari #Biasanya #hingga #Kerap #Buang #Air #Kecil

4 Ciri-Ciri Diabetes, Lebih Haus dari Biasanya hingga Kerap Buang Air Kecil

Rabu, 19 Januari 2022 | 07:46 WIB


Iludtrasi gambar (freepik)

Iludtrasi gambar (freepik)


KlikBabel.com – Anda mungkin bisa menderita diabetes dan tidak mengetahuinya. Penyakit kronis ini merupakan kondisi dimana gula darah meningkat karena pankreas tidak membuat cukup insulin atau tidak membuat insulin sama sekali. Adapun ciri-ciri diabetes yaitu sebagai berikut.

Diketahui, tidak semua penderita diabetes mengetahui bahwa ia memiliki diabetes. Dari 32,2 juta orang di AS yang menderita penyakit ini, 7,3 juta tidak terdiagnosis. Hal itu dikarenakan gejala atau ciri-ciri diabetes bisa sangat ringan.

Meskipun gejalanya serupa untuk diabetes Tipe 1 dan Tipe 2, gejala diabetes tipe 2 bisa sangat sulit untuk ditentukan karena tidak jelas atau sering merupakan gejala dari kondisi kronis lainnya.

Anda tidak dapat mengetahui dengan pasti apakah Anda menderita diabetes hanya berdasarkan gejala – Anda harus menemui dokter yang dapat memeriksa kadar gula darah Anda dan membuat diagnosis yang pasti.

Meski demikian, jika Anda merasakan beberapa gejala atau ciri-ciri yang mengarah ke diabetes seperti berikut ini, segeralah konsultasikan dengan dokter. Selama lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri diabetes yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Lebih sering buang air kecil

Ciri-ciri dari penyakit diabetes yaitu lebih sering buang air kecil. Hal itu karena ginjal Anda bekerja lebih keras untuk memproses gula ekstra intens urin Anda. Warna urin yang Anda hasilkan jika Anda menderita diabetes biasanya berwarna bening atau sangat terang.

2. Lebih sering haus dari biasanya

Saat Anda buang air kecil lebih banyak, Anda akan merasa lebih dehidrasi, dan itu membuat Anda ingin minum lebih banyak cairan. Sejumlah penderia diabetes juga selalu merasa lapar. Hal ini salah satu petanda bahwa Anda mengida diabetes

3. Sering mengalami infeksi saluran kemih, jamur atau vagina

Diabetes menyebabkan perubahan pada sistem kekebalan tubuh yang dapat meningkatkan risiko terkena infeksi lain. Selain itu, siklus menstruasi yang tidak teratur atau keguguran juga bisa menjadi tanda diabetes.

4. Penurunan berat badan yang tidak disengaja

Sementara banyak orang ingin menurunkan berat badan, penurunan berat badan yang terjadi ketika Anda menderita diabetes yang tidak terkontrol bukanlah cara yang sehat untuk menurunkan berat badan.

 Itu terjadi karena tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin dengan benar untuk membantu memproses glukosa, gula yang ditemukan intens makanan, untuk bahan bakar.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri diabetes yang penting untuk diketahui agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.



loading…


Penulis  : –
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com

#CiriCiri #Diabetes #Lebih #Haus #dari #Biasanya #hingga #Kerap #Buang #Air #Kecil