9.300 Lansia di Kudus Siap Disuntik Vaksin Booster #Lansia #Kudus #Siap #Disuntik #Vaksin #Booster

9.300 Lansia di Kudus Siap Disuntik Vaksin Booster

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Vaksin booster di Kabupaten Kudus yang telah berlangsung diprioritaskan untuk lansia.

Total lansia di Kudus yang sudah bisa menerima vaksin booster berjumlah sekitar 9.300 lansia.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus, Andini Aridewi mengatakan, prioritas untuk lansia dan masyarakat rentan ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Hal itu sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan.

Andini mengatakan, dari hitungan yang dilakukan terdapat sekitar 9.300 lansia yang siap disuntik vaksin booster.

Di antara syarat sudah bisa disuntik vaksin booster yakni sebelumnya sudah vaksin dosis kedua minimal enam bulan yang lalu.

“Kami kemarin mendapatkan 9.300 dosis yaitu berhitungnya dari jumlah lansia yang dimungkinkan untuk dilaksanakan booster saat ini. Jadi yang 6 bulan lalu sudah melakukan vaksinasi kedua,” kata Andini, Jumat (21/1/2022).

Untuk vaksinasi booster untuk lansia di Kudus sudah mulai disuntikkan.

Kali pertama berlangsung di Balai Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus menggunakan Pfizer. Ada 145 lansia di Ngembalrejo dan Desa Dersalam yang menjadi sasaran vaksinasi booster.

“Ini dalam rangka meningkatkan kekebalan. Kalau sudah enam bulan anyibodi kemungkinan mengalami penurunan,” kata Andini.

Prioritas pemerintah untuk vaksinasi booster menyasar lansia dan masyarakat rentan ini untuk menghindari penularan sekaligus meminimalisir kematian akibat infeksi Covid-19.

Dalam vaksinasi yang berlangsung di Balai Desa Ngembalrejo, para lansia tampak antusias. Mereka sudah antre rapi sejak vaksinasi booster belum dimulai.

Para lansia secara urut mengikuti pendataan dan pengecekan kesehatan sebelum disuntik vaksin booster.

Dalam praktiknya, lanjut Andini, sejauh ini vaksinasi yang dilakukan di Kudus mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen.

Bahkan dari kepala desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas juga terus memberikan dukungan untuk menyukseskan program percepatan vaksinasi. Termasuk booster. (*)

#Lansia #Kudus #Siap #Disuntik #Vaksin #Booster