Angka Tingkat Penggangguran Terbuka Turun #Angka #Tingkat #Penggangguran #Terbuka #Turun

Angka Tingkat Penggangguran Terbuka Turun

LAMONGAN, Radar Lamongan – Badan Pusat Statistik (BPS) Lamongan mencatat angka tingkat penggangguran terbuka (TPT) di kabupaten setempat menurun. Jika pada 2020 angka TPT 5,13 persen (34.956 orang), maka tahun lalu menjadi 4,9 persen (33.486 orang). 

Data tersebut merupakan hasil dari survei angkatan kerja nasional (sakernas) tingkat kabupaten yang dilaksanakan setiap Agustus. Ketua Tim Sosial dan Demografi SDG’s BPS Lamongan, Zaidatul Ma’rifah, menerangkan, ada 683.405 orang di Kota Soto ini yang tergolong angkatan kerja tahun lalu. 

BPS Pusat mengalokasikan 86 blok sensus yang menjadi sampel sakernas di 27 kecamatan di Lamongan. Ada 44 petugas pencacah yang mendatangi setiap blok sensus itu. Pemutakhiran data dilakukan secara door to door. 

‘’Jadi kita tidak bisa mengetahui mana kecamatan yang paling banyak penganggurannya. Kita dapat list kepala tempat tinggal tangga. Populasi intens satu blok sensus nanti ditarik menjadi satu sampel yang terdiri dari sepuluh tempat tinggal tangga,’’ terangnya kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (18/1).

Wanita yang akrab disapa Ifa ini menuturkan, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menganggur. Antara lain, sakit, aturan waktu kerja atau sistem shift, pemogokan kerja, penurunan aktivitas perekonomian, dan dirumahkan.

‘’Ada pula yang takut terinfeksi Covid-19 dan terdampak kebijakan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat). Meskipun terdampak, mereka juga tetap melakukan usaha-usaha di bidang digital. Seperti berbisnis online, menjadi reseller, dan sebagainya. Mereka tertolong dari sisi itu,’’ imbuhnya.

Latar belakang pendidikan juga memengaruhi banyaknya jumlah pengangguran. Lulusan SMA menjadi penyumbang pengangguran teratas (32,74 persen). Sedangkan lulusan diploma ke atas menyumbang pengangguran terendah (7,58 persen).

Ifa menuturkan, bulan depan BPS kembali menggelar sakernas tingkat provinsi. Hanya 21 blok sensus yang menjadi sasaran survei tersebut. Satu blok sensus terdiri dari 80 – 100 tempat tinggal tangga.

‘’Sekali lagi, pemilihan sampel itu kewenangan pusat. Kita hanya terima sampel dan kita laksanakan,’’ tuturnya.

#Angka #Tingkat #Penggangguran #Terbuka #Turun