Antisipasi Penyebaran Covid-19, Ratusan Siswa di Suci Diswab #Antisipasi #Penyebaran #Covid19 #Ratusan #Siswa #Suci #Diswab

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Ratusan Siswa di Suci Diswab

KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Suci melakukan tes swab acak kepada 805 siswa yang menjalani pembelajaran tatap muka (PTM). Hasilnya, ratusan siswa tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Suci dr Andini Aridewi menyatakan, pengambilan sampel itu dilakukan secara bertahap selama sepekan lalu. Swab secara acak itu, dilakukan di 23 sekolah di Kabupaten Suci.

Tes acak dilakukan kepada para siswa, guru, dan staf sekolah. Pengambilan sampel ini oleh DKK dipastikan akan berlanjut kembali. ”Kami menggunakan swab PCR (polymerase chain reaction) dengan begitu hasilnya lebih akurat,” katanya.

Terkait pengambilan sampel spesimen ini, dilakukan mengikuti jadwal puskesmas di sejumlah wilayah. Pengambilan sampel dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona di sekolah.

Andini meminta para siswa maupun guru di masing-masing sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. memakai memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Meski dari hasil tes ini, negatif Covid-19.

”Masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena untuk mencegah penularan,” pintanya.

Terpisah, Bupati Suci Hartopo menyatakan, pengambilan sampling secara acak ini, untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Jika kedapatan siswa yang positif Covid-19, ditindaklanjuti dengan tracing dan tracking. Sementara untuk kegiatan PTM di sekolah tidak dihentikan.

Pemerintah daerah mentargetkan per hari ada tracing 150-200 sampel. Hartopo juga menyebut ketersediaan reagen untuk swab dipastikan aman. Sekaligus didukung kesiapan tenaga kesehatan untuk melakukan tracing.

memakai langkah ini, Suci bisa memutus penyebaran mata rantai virus korona. ”Kami tidak menginginkan adanya sterilisasi fiktif yang berimbas pada masifnya penyebaran virus korona,” imbuhnya. (lin)

Reporter: Galih Erlambang Wiradinata

#Antisipasi #Penyebaran #Covid19 #Ratusan #Siswa #Suci #Diswab