Atap Gedung SD Beji Direhab Tahun Ini • Radar Jogja #Atap #Gedung #Beji #Direhab #Tahun #Ini #Radar #Jogja

Atap Gedung SD Beji Direhab Tahun Ini • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Sempat dikeluhkan karena menghambat pembelajaran tatap muka (PTM), kerusakan Atap SDN Beji, Kapanewon Patuk segera diperbaiki. Pemkab Gunungkidul melalui dinas pendidikan, mengagendakan rehab tahun ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Winarno belum lama ini menerjunkan petugas untuk melakukan pengecekan. Hasilnya, ditemukan sejumlah kerusakan seperti genteng bocor dan atap bolong. Ketika hujan lebat turun air masuk ke intens ruangan guru. “Data rinci kerusakan ada. Ini nanti menjadi acuan perbaikan dan menyesuaikan anggaran,” kata Winarno saat dihubungi Selasa (18/1).

Kapan diperbaiki? menurutnya rehab akan diagendakan tahun ini melalui usulan APBD Perubahan 2022. Namun demikian pihaknya belum bisa menyampaikan besaran anggaran yang diusulkan. Prinsip, dinas merespon keinginan perbaikan sarana SDN Beji. “Diperbaiki tahun ini. Selama total anggaran kami belum bisa merinci, tapi akan dimasukkan intens usulan APBD Perubahan,” ujarnya.

Disinggung mengenai anggaran perawatan gedung sekolah, menurutnya selama ini ada dan bersifat swakelola. Namun demikian penggunaannya diperuntukan perbaikan ringan seperti pembangunan pagar serta pengecatan gedung sekolah.
Seperti diketahui, kondisi SD Beji di Kalurahan Beji, Kapanewon Patuk butuh perhatian. Ruangan guru sering terkena guyuran air hujan karena bagian atap serta plafon bocor dan berlubang. Menunggu realisasi usulan perbaikan, atap ditutup dengan terpal.

Kepala SD Beji Jumariyah mengatakan, pada November 2021 datang menggantikan posisi kepala sekolah lama. Teman-teman guru mengeluh saat hujan tiba air masuk ke intens ruangan. Sehingga kegiatan pembelajaran menjadi terganggu, karena harus ngepel dan membuang air ke luar ruangan. Kemudian pihaknya menyampaikan persoalan tersebut kepada komite sekolah.
“Hasil musyawarah dengan komite, muncul insitif untuk mengamankan ruangan dengan cara menutup (genteng) dengan terpal,” kata Jumariyah.

Dia memastikan atap bocor hanya terjadi di ruang guru. Sejauh ini untuk ruangan kelas intens posisi aman. Namun jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan atap bocor ruang guru merembet ke ruang kelas VI. “Selama sementara genteng ditutup dengan terpal,” ujarnya. (gun/bah)

#Atap #Gedung #Beji #Direhab #Tahun #Ini #Radar #Jogja