Bakti Alumni SMPN 3 Samigaluh gelar pameran-demo batik karya siswa - ANTARA News Yogyakarta #Bakti #Alumni #SMPN #Samigaluh #gelar #pamerandemo #batik #karya #siswa #ANTARA #News #Yogyakarta

Bakti Alumni SMPN 3 Samigaluh gelar pameran-demo batik karya siswa – ANTARA News Yogyakarta

Kulon Progo (ANTARA) – Bakti Alumni intens rangka Hari Ulang Tahun Ke-38 Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pameran dan demo batik karya siswa hingga pembagian paket sembako.

Ketua Panitia Bakti Alumni SMP Negeri 3 Samigaluh Budi Hutama Putro didampingi Haris Setyantoro di Kulon Progo, Rabu, mengatakan  Bakti Alumni SMP Negeri 3 Samigaluh sebagai bentuk kepedulian alumni terhadap masyarakat di sekitar SMP Negeri 3 Samigaluh yang terkena dampak pandemi COVID-19.

“Bakti Alumni juga intens rangka mendekatkan hubungan yang harmonis antara alumni, sekolah dan masyarakat. Selain itu, sebagai bentuk promosi sekolah kepada masyarakat Samigaluh dengan ciri dan keunggulan SMP Negeri 3 Samigaluh,” kata Budi Hutama.

Ia mengatakan di era pandemi COVID-19 ini, siswa SMP Negeri 3 Samigaluh tetap berprestasi dan berkreasi, seperti membuat batik. Hal ini perlu dikembangkan lebih lanjut, sehingga siswa yang lulus nanti memiliki bekal keterampilan membuat batik, dan memiliki prestasi yang diharapkan oleh orang tua dan sekolah.

Membatik sebagai salag satu unggulan di SMP Negeri 3 Samigaluh tetap dipertahankan keberlangsungannya karena sudah menjadi ciri khas dari sekolah. Batik adalah warisan budaya Indonesia, maka siswa dan guru harus lebih kreatif dan inovatif intens megembangkannya.

“Pada saat ini, selain kecerdasan, kepintaran, siswa harus dibekali keterampilan dengan harapkan mereka bisa mandiri di masyarakat. SMP Negeri 3 Samigaluh harus melahirkan entrepreneur milineal dan kekinian yang mampu menjawab perkembangan zaman,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo Arif Prastowo mengapresiasi Bakti Alumni SMP Negeri 3 Samigaluh yang menggelar pameran dan demo batik karya siswa. Hal ini akan mendorong siswa berkreasi supaya batik mereka dapat diterima oleh masyarakat luas.

“Meski saat ini, masih sebatas untuk pribadi, ke depan, kami berharap mereka memiliki keterampilan membatik dan bisa menjadi pengusaha batik di Kulon Progo,” katanya.

#Bakti #Alumni #SMPN #Samigaluh #gelar #pamerandemo #batik #karya #siswa #ANTARA #News #Yogyakarta