Bappeda Jombang Gelar Lembaga Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023 #Bappeda #Jombang #Gelar #Lembaga #Konsultasi #Publik #Ranwal #RKPD

Bappeda Jombang Gelar Lembaga Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023

JOMBANG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jombang menggelar forum konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) Jombang 2023, Selasa (17/1). Bupati Mundjidah Wahab berharap, dengan dukungan dan masukan semua pihak, target-target program pembangunan di 2023 nantinya dapat tercapai dengan optimal.

Kegiatan forum konsultasi publik yang digelar di ruang Bung Tomo kantor Pemkab Jombang berjalan lancar. Turut hadir intens forum, Wabup Sumrambah dan Sekdakab Jombang Agus Purnomo, serta perwakilan pejabat Pemprov Jawa Timur, dan jajaran kepala organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Jombang. Selain itu juga diikuti perwakilan tokoh dan organisasi masyarakat, perwakilan perguruan tinggi, kalangan akademisi hingga perwakilan LSM (lembaga swadaya masyarakat) di Jombang.

Bupati Mundjidah menuturkan, Ranwal-RKPD disusun dengan pedoman Perda 8/2021 tentang Perubahan RPJMD 2023, merupakan periode terakhir Bupati Mundjidah dan Wabup Sumrambah. ”Arah kebijakan pada tahun 2023 menjadi acuan dasar intens merancang program-program strategis pembangunan daerah untuk mencapai target dan sasaran pembangunan tahun depan,” kata Mundjidah intens sambutannya.

Dijelaskan, forum konsultasi publik merupakan amanat Permendagri nomor 86/2017. ”Ranwal-RKPD disusun berpedoman RPJMD, dan Ranwal-RKPD provinsi, serta RKP (Rencana Kerja Pemerintah), dan program strategis nasional serta pedoman penyusunan RKPD,” imbuh dia.

Dikatakan, sesuai laporan Kepala Bappeda Jombang Danang Praptoko, penyusunan ranwal melalui tahapan dan tata waktu yang diatur secara detail. ”Insya Allah mulai tahapan persiapan penyusunan sampai dengan rancangan awal diikuti secara bersama. Paham prosesnya juga berkembang dinamika, mulai dari analisa data dan permasalahan, perhitungan proyeksi kemampuan anggaran, keselarasan tujuan dan sasaran daerah sampai dengan program prioritas penanganan, arah kebijakan serta strategi penanganan, sampai dengan sub kegiatan,” sambung Mundjidah.

Bupati wanita pertama di Pemkab Jombang mengajak semua yang hadir intens agenda itu, mengintegrasikan, mendialogkan pikiran dan pandangan masing-masing. Tujuannya, mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan daerah. ”Saya mengajak saudara semua bekerja sekuat tenaga, dan berlari lebih cepat lagi tahun 2023, serta berfikir cerdas, inovatif, kreatif, dan melakukan lompatan-lompatan.  Supaya target pembangunan tahun depan bisa tercapai, karena 2023 merupakan akhir dari periodesasi perubahan RPJMD 2018-2023,” kata Mundjidah.

Terpisah, Kepala Bappeda Jombang Danang Praptoko menjelaskan, sebelum dilakukan Ranwal-RKPD dihelat konsultasi publik dahulu. ”Jadi itu salah satu tahapannya, sehingga kita undang semua stakeholder, OPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama, lalu akademisi dari perguruan tinggi, juga LSM,” kata Danang.

Diharapkan, adanya forum itu bakal mendapat dampak positif untuk tahun depan. ”Harapanya mereka bisa memberi saran dan masukan serta pendapat untuk rencana kerja 2023,” kata Danang.

#Bappeda #Jombang #Gelar #Lembaga #Konsultasi #Publik #Ranwal #RKPD