Berganti Nama setelah di Jogja • Radar Jogja #Berganti #Nama #setelah #Jogja #Radar #Jogja

Berganti Nama setelah di Jogja • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Jogjakarta memang kaya akan kuliner. Tidak hanya jajanan atau kudapan, tetapi banyak juga dijumpai berbagai sajian minuman menyegarkan. Salah satunya es Jaipong.

Es Jaipong adalah minuman khas Jawa Barat. Rasanya manis, gurih dan sedikit asam. Selain dinilai lezat, tampilannya juga begitu menarik. Berwarna-warni. Semangkuk es Jaipong disajikan dengan campuran tapai, cincau hitam, mutiara, bubur sum-sum (hunkwe), santan dan gula aren.

Salah satu penjual es Jaipong di kawasan Kotabaru, Ruswa mengatakan, minuman tersebut sempat populer di era 80-90 an. Kala itu, lanjutnya, hampir di setiap pelosok daerah dapat ditemukan penjual es Jaipong. Sayang, saat ini keberadaannya mulai langka. “Sudah jarang nggak kayak dulu. Istilahnya dulu tiap gang pasti ada yang jual,” kata Ruswa saat ditemui Radar Jogja Kamis (20/1).

Ruswa sudah menjalankan usahanya sejak 1990 silam. Ide berbisnis minuman tersebut diperoleh dari sang ayah. Lantas, dikelola secara turun temurun. “Kalau bubur sum-sum asli cuma tepung beras, kalau es Jaipong dicampur tepung hunkwe,” ujarnya.

Bagaimana cara pembuatannya? “Enggak ribet, kalau bikin hunkwe hijau itu lima jam lebih rebusnya biar tanek. Tape, cincau, dan mutiara kan sudah beli jadi. Yang dimasak sendiri cuma hunkwe hijau, santan dan gula,” tambah dia.

Kendati populer dengan sebutan es Jaipong, sejatinya di tempat asalnya sana, minuman ini bernama bubur sum-sum. Setelah masuk ke Jogja, baru berganti nama menjadi es Jaipong agar lebih mudah diingat. “Cuma tahun 1980-an mungkin ya numpang nama saja kalau dulu kan kesenian Jaipong di Jawa Barat lagi tenar-tenarnya. Kita kalau nyebut bubur sum-sum agak ribet kalau es Jaipong kan gampang,” jelas Ruswa.

Satu porsi es Jaipong dibanderol dengan harga Rp 5 ribu. Meski terbilang jadul, minuman ini tetap menjadi pilihan favorit pelepas dahaga.

Es Jaipong milik Ruswa beralamat di Jl. I Dewa Nyoman Oka No.3, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Jogja. Tepatnya berada persis di depan pintu masuk utara Gereja Katolik Santo Antonius. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai habis.

Saat ini, Ruswa punya tiga titik cabang es Jaipong. Selain di jalan I Dewa Nyoman Oka No.3, Kotabaru, ada pula di depan Mie Gacoan Kotabaru dan Stasiun Lempuyangan. (ard/bah)

#Berganti #Nama #setelah #Jogja #Radar #Jogja