Bupati Lumajang Bentuk Dewan Kehormatan Antar Umat Beragama, Ajak Penendang Sesajen Klarifikasi #Bupati #Lumajang #Bentuk #Dewan #Kehormatan #Antar #Umat #Beragama #Ajak #Penendang #Sesajen #Klarifikasi

Bupati Lumajang Bentuk Dewan Kehormatan Antar Umat Beragama, Ajak Penendang Sesajen Klarifikasi

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG – Buntut dari aksi penendangan sesajen dan perusakan sesajen yang dilakukan Hadfana Firdaus (HF) di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru dan pura, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, berencana akan membentuk Dewan Kehormatan Antar Umat Beragama.

Melalui forum tersebut, Cak Thoriq, sapaan Thoriqul Haq, menginginkan Hadfana Firdaus dapat melakukan klarifikasi.

Sebab ketika Cak Thoriq melakukan interogasi, berulang kali Hadfana Firdaus menyebut aksi menendang sesajen didorong oleh pemahamanannya tentang keyakinan yang dianut. Sehingga spontan melakukan aksi tersebut.

“Forum atau majelis kehormatan itu yang nantinya akan melakukan klarifikasi, sekaligus pendalaman terhadap perilaku HF ini,” kata Cak Thoriq usai menemui Hadfana Firdaus di Polres Lumajang, Minggu (23/1/2022).

Baca juga: Penendang Sesajen di Semeru Menunduk dan Diam Seribu Bahasa Saat Tiba di Mapolres Lumajang

Sesuai rencana, Dewan Kehormatan Antar Umat Beragama akan dibentuk minggu depan.

Diharapkan organisasi ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya bertoleransi terhadap keberagaman suku, agama, dan ras. Sehingga kasus intoleran tidak lagi terulang.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan pemeriksaan terhadap HF sampai berkas perkara dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Lumajang. Sekalipun buntut dari pembentukan Dewan Kehormatan Antar Umat Beragama, masyarakat kemungkinan sanggup memaafkan HF. 

“Kasus ini akan tetap bergulir ke ranah hukum. Jadi, adapun nantinya ada islah (damai) atau maaf-memaafkan itu sama sekali tidak berpengaruh pada proses hukum yang kami tempuh,” tegas AKBP Eka Yekti Hananto Seno.

Diketahui sebelumnya, tempat HF membuat video merusak dan menendang sesajen adalah di pura di sekitaran Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Kemudian lokasi kedua di sekitaran bibir sungai yang berhulu dari Gunung Semeru Lumajang.

Dalam perkara ini, HF diyakini kuat adalah seorang tersangka tunggal. HF meminta bantuan dua orang warga untuk merekam aksinya lalu menyebarkannya sendiri ke media sosial.

#Bupati #Lumajang #Bentuk #Dewan #Kehormatan #Antar #Umat #Beragama #Ajak #Penendang #Sesajen #Klarifikasi