Cegah Omicron, Pilih Batasi Kegiatan Masyarakat • Radar Jogja #Cegah #Omicron #Pilih #Batasi #Kegiatan #Masyarakat #Radar #Jogja

Cegah Omicron, Pilih Batasi Kegiatan Masyarakat • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Varian Omicron menjadi perhatian khusus bagi Bupati Kulonprogo Sutedjo. Kepala daerah di wilayah paling barat Jogjakarta itu, bahkan berpotensi memilih opsi pembatasan kegiatan masyarakat. Hanya saja, kebijakan tersebut masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.
Menurut Sutedjo, kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat adalah antisipasi penyebaran virus korona varian baru. Hanya saja, hal ini tidak bisa dilakukan secara sepihak. Pasalnya, keputusan kebijakan pembatasan wilayah adalah wewenang pemerintah pusat. “Setingkat presiden, wakil presiden, menteri, atau pejabat setingkat menteri,” bebernya kemarin (20/1).
Karena belum adanya keputusan terkait pembatasan tersebut, mantan Camat Temon itu meminta agar masyarakat bisa memaksimalkan kegiatan vaksinasi tahap ketiga atau booster yang kini tengah berjalan. Sehingga harapannya, kekebalan komunal atau herd immunity di Kulonprogo bisa terbentuk. “Dan meminimalisir penularan virus varian baru itu,” harapnya.
Sutedjo mengaku, saat ini Pemkab Kulonprogo melalui gugus tugas masih berusaha menuntaskan target vaksinasi anak usia 6-11 tahun di awal tahun. Selain itu, vaksinasi layanan door to door juga ditingkatkan. Khusus masyarakat yang memiliki keterbatasan akses mendatangi fasilitas kesehatan. Seperti lansia, difabel hingga masyarakat yang berada di daerah yang susah dijangkau sentra vaksinasi. “Meskipun sudah vaksin, tidak lantas mengabaikan protokol kesehatan yang selama ini sudah dijalankan,” tegas Sutedjo.
Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Baning Rahayujati menuturkan, capaian vaksinasi di Kulonprogo hingga Kamis (20/1) telah menyentuh 88,5 persen. Atau sudah 334.602 yang tersuntik vaksin, dari total 378.177 sasaran. Sementara untuk vaksinasi dosis kedua, telah mencapai 72,7 persen atau sudah 274.889 sasaran yang disuntik. “Kemudian untuk vaksinasi dosis ketiga kami sudah mencapai 5.899 sasaran,” kata Baning. (inu/eno)

Jogja Utama

#Cegah #Omicron #Pilih #Batasi #Kegiatan #Masyarakat #Radar #Jogja