Dedi Mulyadi Sebut Semua Orang Sunda Marah, Bisakah Arteria Dahlan Dijerat Pidana? #Dedi #Mulyadi #Sebut #Semua #Orang #Sunda #Marah #Bisakah #Arteria #Dahlan #Dijerat #Pidana

Dedi Mulyadi Sebut Semua Orang Sunda Marah, Bisakah Arteria Dahlan Dijerat Pidana?

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menyebut pernyataan Arteria Dahlan soal penggunaan Bahasa Sunda di rapat Komisi III DPR RI sangat mengandung SARA.

“Bung Arteria mungkin lupa, bahwa, nasionalisme itu bukan hanya Jakarta centris, nasionalisme itu lahir dari berbagai daerah, hendaknya hal ini jadi pelajaran. Sebab ini juga menyinggung dan mengandung unsur SARA,” kata Dedi Mulyadi saat dihubungi via ponselnya, Rabu (19/1/2022).

Dedi Mulyadi berpendapat bahwa rapat menggunakan bahas daerah justru tidak ada salahnya jika peserta rapat juga mengerti bahasa daerah tersebut.

“Rapat menggunakan bahasa daerah bagi saya tidak ada salahnya, bukan hanya Sunda, mau pakai bahasa Jawa, bahasa Papua, bahkan bahkan bahasa Dayak sekalipun, itu sah-sah saja,” ujar Dedi Mulyadi.

Baca juga: Kisruh Arteria Dahlan Soal Dugaan Rasis, Ternyata Suku Sunda Suku Terbanyak Kedua di Indonesia

Di sisi lain, Dedi Mulyadi berpandangan, masyarakat tak perlu berlebihan, secara pribadi ia justru menganggap kasus tersebut sebagai pembelajaran dan evaluasi diri.

“Saya justru berkesimpulan bahwa, ada hikmah yang bisa diambil dibalik ramainya perbincangan ini,” ujar Dedi Mulyadi.

Pertama, ia berpandangan dengan mencuatnya kasus tersebut, ada hikmah timbulnya kesatuan dan persatuan sesama masyarakat suku sunda.

“Selama ini kita kan dianggap suku pendiam, dengan adanya pernyataan bung Arteria Dahlan. Saya justru melihat semangat kesatuan, seluruh orang Sunda merasakan perasaan yang sama, semuanya marah kan,” imbuhnya.

Kesimpulan kedua, hikmah dibalik kasus Arteria Dahlan adalah, sebagai politikus atau tokoh publik, ia menganggap bahwa, harus punya sikap nasionalisme yang benar-benar tertanam.

Baca juga: Kisruh Bahasa Sunda, Para Kabuyutan Galuh Akan Turun ke Jalan Jika Arteria Dahlan Tak Lakukan Ini

#Dedi #Mulyadi #Sebut #Semua #Orang #Sunda #Marah #Bisakah #Arteria #Dahlan #Dijerat #Pidana