Dibantu UM Surakarta dan Kaltim, UMSB Akan Buka Prodi S2 Hukum | KlikPositif.com #Dibantu #Surakarta #dan #Kaltim #UMSB #Akan #Buka #Prodi #Hukum #KlikPositifcom

Dibantu UM Surakarta dan Kaltim, UMSB Akan Buka Prodi S2 Hukum | KlikPositif.com


KlikPositif.com – Minggu, 23 Januari 2022 13:00 WIB

Penutupan Musyawarah Nasional Fordek Fakultas Hukum dan Apsih Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) se-Indonesia..


Penutupan Musyawarah Nasional Fordek Fakultas Hukum dan Apsih Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) se-Indonesia.. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ( UMSB ) berencana mulai membuka program studi strata 2 (S2) Hukum. Untuk menperlancarnya, UMSB akan dibantu oleh UM Surakarta dan UM Kalimantan Timur.

“Kami menargetkan pada 2022 ini izin dari Ditjen Dikti untuk dapat membuka program S2 ini,” kata Dekan Fakultas Hukum UMSB Dr. Wendra Yunaldi MH pada Penutupan Musyawarah Nasional Forum Dekan (Fordek) Fakultas Hukum dan Asosiasi Program Studi Ilmu Hukum (Apsih) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) se-Indonesia, Sabtu (22/1) malam WIB.

baca juga: Vaksinasi untuk Siswa Usia 6-11 Tahun di Payakumbuh Mulai Dilaksanakan

Untuk tahun ini, UMSB dipercaya sebagai tuan rumah Munas Fordek dan Apsih PTMA yang digelar 19 Januari sampai 22 Januari 2022 yang dihadiri Dekan dan Kepala Prodi hukum dari 37 Universitas Muhammadiyah dan dua STIH Muhammadiyah.

Dari hasil Munas, Ketua terpilih Apsih PTMA se-Indonesia Dr. Chrisna Bagus Edhita Praja dari UM Malang, Ketua Fordek Dr. Tongat dari UM Malang dan Sekjen Dr. Ujuh Juana dari UM Sukabumi.

baca juga: Rektor UM Sumbar Hadiri Pembukaan Raker ASKUI PTMA di Bukittinggi

Wendra mengatakan untuk syarat sendiri sebenarnya telah terpenuhi sebab saat ini Fakultas Hukum UMSB sudah memiliki enam dosen yang sudah menyelesaikan S3 atau bergelar Dr.

“Kalau bisa tahun ini buka, tentu tergantung izin dari Dikti. Dosen kita yang telah bergelar Dr itu sudah ada enam dan tiga sedang kuliah S3. Dua tahun ke depan kita sudah sembilan Dr,” ungkapnya.

baca juga: Penanganan Dugaan Kasus Korupsi Dana COVID-19 di Dinkes Payakumbuh Dinilai Lamban, Ini Jawaban Kajari

Menurutnya Munas yang digelar kali ini sangat bermanfaat untuk berbagi pengalaman tentang pengelolaan kampus sehingga dapat menjadi lebih baik.

“Bahkan beberapa dekan akan menjadi dosen tamu selama dua tahun ke depan di Fakultas Hukum UMSB . Itu ada 11 Profesor dan dua doktor dan ada juga tiga dari luar negeri, yakni Jepang, Malaysia dan Belanda,” katanya.

baca juga: MUI Tidak Temukan Pengikut Ajaran Bab Kesucian di Payakumbuh

Wakil Rektor III UMSB Dr. Moch Abdi mengharapkan agar dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dari UM Sumbar khususnya untuk fakultas hukum.

“Agar kampus kita ini semakin berkembang, meningkat dan tentunya mendapatkan tempat yang lebih baik dari masyarakat,” katanya.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh yang ikut mendukung dan memfasilitasi kegiatan penutupan Munas Apsih PTMA dan Fordek tersebut.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum Pemkot Payakumbuh Erlina mengatakan bahwa Pemkot Payakumbuh memang mendukung untuk berkembangnya perguruan tinggi di daerahnya.

“Terkhusus untuk UMSB kita memang telah menjalin kerja sama. Semoga ke depannya hubungan baik antara Pemkot Payakumbuh dengan UM Sumbar terus terjalin,” kata dia. (*)

Editor: Taufik Hidayat


#Dibantu #Surakarta #dan #Kaltim #UMSB #Akan #Buka #Prodi #Hukum #KlikPositifcom