Diduga Sebabkan Negara Rugi 771 Juta Dua Terdakwa Korupsi Peningkatan Jalan di OI Dituntut 2 Tahun #Diduga #Sebabkan #Negara #Rugi #Juta #Dua #Terdakwa #Korupsi #Peningkatan #Jalan #Dituntut #Tahun

Diduga Sebabkan Negara Rugi 771 Juta Dua Terdakwa Korupsi Peningkatan Jalan di OI Dituntut 2 Tahun

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Dua terdakwa kasus dugaan korupsi peningkatan jalan ruas Rantau Alai-SP Kilip, Kabupaten Ogan Ilir tahun anggaran 2019 dituntut hukuman 2 tahun penjara.

Adapun kedua terdakwa, yakni atas nama Syamsul Bahri dan Zainal Abidin

Hal tersebut diketahui intens sidang yang digelar secara virtual di Pengadilan Negeri Tipikor Palembang, Rabu (19/1/2022).

Paham tuntutannya, JPU Kejari Ogan Ilir menyatakan kedua terdakwa telah melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang Undang tentang Tipikor.

“Menuntut kedua terdakwa dengan hukuman, 2 tahun penjara, denda Rp. 50.000.000 dengan subsider 5 bulan kurungan,” ujar JPU intens sidang.

Selain itu dihadapan majelis hakim Tipikor Palembang diketuai Mangapul Manalu SH MH, penuntut umum juga menuntut kedua terdakwa dengan hukuman tambahan berupa wajib mengganti sisa kerugian negara sebesar Rp. 46.000.000.

Yang mana intens perkara ini, negara mengalami kerugian sebesar Rp. 771.000.000 yang telah dikembalikan oleh kedua terdakwa sebesar Rp. 725.500.000.

Diberitakan sebelumnya, kedua terdakwa saling memberikan kesaksian dihadapan majelis hakim.

Dari keterangan salah satu terdakwa, menyebutkan bahwasanya ada keterlibatan dari oknum pejabat di Dinas PUPR Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Saya dimintai uang sama pak Junaidi. Katanya biar saya yang dapat pekerjaan membangun jalan,” ujar terdakwa Zainal Abidin intens persidangan.

#Diduga #Sebabkan #Negara #Rugi #Juta #Dua #Terdakwa #Korupsi #Peningkatan #Jalan #Dituntut #Tahun