DPRD-Pemkab SBT Rapat Bahas Penanganan Banjir Bula | TERASMALUKU.COM #DPRDPemkab #SBT #Rapat #Bahas #Penanganan #Banjir #Bula #TERASMALUKUCOM

DPRD-Pemkab SBT Rapat Bahas Penanganan Banjir Bula | TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,–BULA-DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar rapat gabungan komisi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT. Rapat yang membahas sejumlah persoalan itu berlangsung di ruang rapat kerja DPRD SBT, Selasa (18/1/2022).

Personal yang dibahas itu diantaranya, pengelolaan perusahaan daerah air minum, tindak lanjut hasil rapat terkait persoalan pedangan pasar yang melakukan aksi demo beberapa waktu lalu dan terkait perencanaan tata ruang di Kota Bula yang memicu permasalahan banjir.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Noaf Rumau tersebut, dihadiri puluhan anggota DPRD. Sementara dari Pemkab SBT dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Jafar Kwairumaratu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Umar Bilahmar, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan sejumlah pihak terkait.

Meski ada tiga agenda dalam pembahasan rapat gabungan komisi tersebut, wakil rakyat dan pemerintah daerah lebih dominan membahas dan mencari solusi penanganan segera terhadap masalah banjir di Kota Bula.

Sekda SBT Jafar Kwairumaratu dalam rapat itu mengatakan, Pemkab punya semangat sama seperti DPRD untuk segara melakukan penanganan banjir dalam jangka pendek agar membantu masyarakat di Kota Bula agar terhindar dari banjir.

Sekda memberikan solusi ke DPRD agar menyurati pihak-pihak perusahaan yang beroperasi di Kota Bula, seperti Citik dan Charles serta Perusahaan Galian C, agar sama-sama berkontribusi mengatasi banjir. Karena menurut Sekda, perusahaan-perusahaan yang ada itu memiliki alat berat excavator.

“Kita suruati pihak ketiga, untuk meminta bantuan alat excavator milik perusahaan untuk melakukan penanganan segara, seperti pengerukan sungai atau melakukan normalisasi sungai,” ucap Sekda dihadapan pimpinan dan anggota DPRD.

Di kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Umar Bilahmar juga menyampaikan, selaku dinas teknis, dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait meminta bantuan excavator agar melakukan normalisasi sungai atau titik dimana pemicu banjir.

Kata Bilahmar, selain jangka pendek yang sudah diupayakan itu, jangka panjang untuk penanganan banjir Bula juga sudah dilakukan dengan pihak Balai Wilayah Sungai Maluku.

“Baru beberapa hari kemarin dari Balai Wilayah Sungai Maluku mengunjungi Bula, dalam rangka meninjau lokasi-lokasi banjir yang ada,” kata mantan Kepala Inspektorat SBT tersebut.

Pimpinan dan anggota DPRD mengharapkan agar ada penanganan segera untuk atasi banjir Bula.

Sebelum menutup rapat, Ketua DPRD menyampaikan dalam waktu dekat ini pihak ketiga segara disuruti agar sama-sama bisa berkontribusi mengatasi masalah banjir yang dialami masyarakat Kota Bula. (Sofyan)

#DPRDPemkab #SBT #Rapat #Bahas #Penanganan #Banjir #Bula #TERASMALUKUCOM