Evaluasi Kurikulum Selama Pandemi Lewat ASPD dan TKM • Radar Jogja #Evaluasi #Kurikulum #Selama #Pandemi #Lewat #ASPD #dan #TKM #Radar #Jogja

Evaluasi Kurikulum Selama Pandemi Lewat ASPD dan TKM • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Kepala Dinas Pendidikan Sleman Ery Widaryana mengatakan Asessment Standar Pendidikan Daerah (ASPD) menjadi tolok ukur keberhasilan kurikulum selama pandemi Covid-19. Tak hanya itu, ASPD juga digunakan untuk menjadi perhitungan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ery mengakui mutu pendidikan di Sleman cenderung menurun akibat sistemdaring. Walau begitu nilai siswa SD hingga SMP di Kabupaten Sleman terbilang baik. Acuannya adalah hasil ASPD terakhir. Terdapat lima SMP di Sleman yang masuk ke dalam peringkat 10 besar ASPD se-DIJ.

“Beberapa SMP di Sleman masuk 10 besar kaitannya dengan ASPD, yakni SMPN 4 Pakem, SMPN 1 Godean, SMPN 4 Depok, SMPN 1 Sleman, dan SMP N 2  Mlati,” jelas Ery ditemui di Ruang Rapat Sembada Setda Sleman, Selasa (18/1).

Tak hanya itu, prestasi di tingkat sekolah dasar cukup memuaskan. Ery mengatakan ada siswa SD yang mendapatkan nilai sempurna saat pelaksanaan ASPD. Nilai ASPD, lanjutnya, tak hanya menjadi indikator berhasil atau tidaknya kurikulum diterapkan selama pandemi, tapi juga untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Ery menegaskan ASPD dilakukan secara langsung di sekolah. Sehingga menutup kemungkinan siswa dibantu orangtua. Untuk jenjang SMP dilakukan dengan berbasis komputer, sementara jenjang SD masih dengan basis konvesional.

“Jadi hasilnya murni dan tak ada rekayasa. Bukti bahwa siswa di Sleman tetap berprestasi meski dalam keterbatasan akibat pandemi,” katanya.

Tak hanya ASPD, masing-masing sekolah juga dapat melakukan evaluasi terhadap ketercapaian kurikulum selama masa pandemi. Tepatnya melalui Tes Kendali Mutu (TKM). Dia menjelaskan TKM tak digunakan untuk pertimbangan kenaikan kelas dan akan diselenggarakan pada akhir tahun pelajaran.

“Setelah tatap muka 100 persen ini nanti seperti apa akan kita lakukan evaluasi juga. Karena kalau evaluasi tidak ada standarnya, kami akan kesulitan,” ujar Ery. (co1/dwi)

#Evaluasi #Kurikulum #Selama #Pandemi #Lewat #ASPD #dan #TKM #Radar #Jogja