Gelombang Tinggi, Kapal di Pelabuhan Maccini Baji Pangkep Tunda Keberangkatan #Gelombang #Tinggi #Kapal #Pelabuhan #Maccini #Baji #Pangkep #Tunda #Keberangkatan

Gelombang Tinggi, Kapal di Pelabuhan Maccini Baji Pangkep Tunda Keberangkatan

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKEP –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini untuk cuaca wilayah Sulawesi Selatan.

Disebutkan bahwa terjadi cuaca ekstrem hampir di semua wilayah di Sulsel hingga Kamis (20/1/2022).  

Termasuk Kabupaten Pangkep. 

Kepala Syahbandar Maccini Baji, Kabupaten Pangkep Capt Ramlah mengatakan, saat ini ketinggian gelombang di perairan Pangkep mencapai 1.25 – 2.5 M.

“Jadi kami mengantisipasi dengan mengeluarkan maklumat pelayaran untuk menunda kapal yang akan berlayar dari pelabuhan Maccini Baji dan Biring Kassi,” katanya, Rabu (19/1/2022). 

Keputusan ini, kata dia, akan berlaku berdasarkan surat edaran dari BMKG.

“Sesuai dengan prakiraan BMKG terkait kemungkinan terjadinya cuaca buruk, kapal-kapal ini akan dihimbau tak melaut dulu selama tiga hari sampai tanggal 20 Januari 2021,” ujarnya. 

Menurut dia, Kapal akan kembali dibolehkan berangkat setelah cuaca dan kondisi laut membaik.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Landa Sulsel hingga Besok, BMKG Minta Masyarakat Tetap Waspada

“Saat ini belum ada yang kami tunda keberangkatannya, karena memang kebetulan belum selesai pemuatannya. Pun kalau sudah ada yang selesai, namun cuaca masih tidak memungkinkan, maka kami akan tunda keberangkatannya,” paparnya. 

Ia menambahkan, hal ini dilakukan demi keselamatan dan keamanan intens berlayar. 

#Gelombang #Tinggi #Kapal #Pelabuhan #Maccini #Baji #Pangkep #Tunda #Keberangkatan