Gubernur-Bupati Dukung Wujudkan UIN Madura #GubernurBupati #Dukung #Wujudkan #UIN #Madura

Gubernur-Bupati Dukung Wujudkan UIN Madura

PAMEKASAN, Jawa Pos Radar Madura – uin madura Narasumber intens kegiatan tersebut adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kedatangan Khofifah ke kampus di Jalan Raya Panglegur itu ditemani Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Dia disambut oleh rektor IAIN Madura Mohammad Kosim dan segenap jajaran pimpinan kampus.

Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim sangat senang gubernur Jatim berkenan hadir di sela-sela kesibukannya. ”Kami sudah lama ingin mengundang beliau, namun Covid-19 dan baru terealisasi hari ini,” tuturnya kemarin.

Di hadapan Khofifah, Kosim memaparkan perjalanan IAIN Madura sejak awal menjadi cabang Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel kala itu. Hingga beralih mandiri jadi STAIN, ke IAIN dan kini sudah membabat jalan menuju UIN Madura.

Kosim memaparkan, seiring perubahan status, jumlah mahasiswa bertambah. Per tahun 2022 ini, mahasiswa IAIN tercatat 10.080. memakai 18 prodi sarjana dan lima pascasarjana. ”Proposal menuju UIN Madura hampir selesai,” katanya.

Namun, ada satu yang belum terpenuhi, yakni luas tanah yang dimiliki IAIN Madura. Saat ini IAIN baru memiliki enam hektare. Sementara targetnya 9–10 hektare.

”Kita tengah berdiskusi dengan Pemkab Pamekasan. Selama saling tukar tanah, kita punya tanah di dekat (kantor) pemkab dan pemkab memiliki tanah di belakang kampus kita ini dan kami sampaikan ke Pak Bupati, kalau kurang tukarnya ditambahi,” katanya.

”Jangan sampai kita nanti meminta ke gubernur,” terang Kosim disambut tawa dan tepuk tangan mahasiswa pascasarjana dan civitas academica yang hadir. Gubernur Khofifah dan Bupati Baddrut Tamam juga tersenyum mendengarnya.

Menurut Kosim, Bupati Baddrut Tamam yang muda dan energik itu juga membantu IAIN Madura. Kosim menerangkan bahwa IAIN Madura belum memiliki asrama. Asrama itu nanti akan menjadi ruang pendidikan karakter bagi mahasiswa. ”Barangkali ibu gubernur berkenan membantu,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa pembangunan positif pasti didukung oleh pemerintah provinsi (pemprov). Termasuk IAIN ke arah UIN Madura.

”Semoga kita bisa meningkatkan ikhtiar untuk bisa meningkatkan produktivitas yang kita miliki dan bisa memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat,” ucapnya.

Khofifah berharap, civitas academica kampus di Jawa Timur, khususnya IAIN Madura, bisa seiring dengan apa yang tengah dilakukan Pemprov Jatim. ”Salah satunya, membangun gedung Islamic Science Park di Suramadu sisi Madura,” harapnya. (ky/luq)

#GubernurBupati #Dukung #Wujudkan #UIN #Madura