Gubernur Kalbar ingatkan sekda taat aturan dan tidak berpolitik #Gubernur #Kalbar #ingatkan #sekda #taat #aturan #dan #tidak #berpolitik

Gubernur Kalbar ingatkan sekda taat aturan dan tidak berpolitik

Pontianak (ANTARA) – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji minta setiap Sekretaris daerah yang ada di Kalbar untuk bekerja sesuai dengan aturan serta melakukan efisiensi dan efektivitas anggaran karena sekda merupakan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Saya minta sekda untuk bekerja sesuai aturan dan jangan melanggar aturan. Karena seorang Sekretaris Daerah merupakan kepala staf yang harus mampu mewarnai keberhasilan tata kelola pemerintahan di daerah,” kata Sutarmidji saat membuka secara resmi Rapat Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Rakomwil Forsesdasi) Provinsi Kalbar Tahun 2022 di Aula Dayang Resort, Kota Singkawang, Kamis.

Selain itu, dirinya menegaskan kepada para sekda untuk tidak berpikir secara politis atau terlibat praktik politik.

“Bersimpati boleh saja, tapi artinya cukup saat menggunakan hak politik. Jika di luar itu, jangan, karena Sekda merupakan kepala staf dari birokrat,” tuturnya.

Menurutnya, seorang Sekda juga harus selalu bersikap netral dan tetap bekerja secara profesional.

“Sekda jangan sampai terlibat jika terjadi ketidakcocokan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah. Tetaplah bekerja secara profesional,” kata Sutarmidji.

Dia juga mengingatkan sekda agar bisa mencegah pelanggaran di bidang keuangan dan dapat menggunakan anggaran yang ada sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saya ingatkan kepada sekda agar tidak main-main dengan anggaran. Ini warning, karena untuk penggunaan anggaran sudah ada aturannya,” kata dia.

Menurutnya, sekda juga harus mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan memberikan pembinaan kepada semua SKPD dan ASN.

“Peringatan ini juga saya tujukan untuk seluruh jajaran pejabat dan pegawai di Pemprov Kalbar agar tak bermain-main dengan anggaran. Makanya sekda harus bisa bekerja profesional dan sesuai aturan,” katanya.

#Gubernur #Kalbar #ingatkan #sekda #taat #aturan #dan #tidak #berpolitik