GWE Asyik, Pembelajaran Menarik | Radar Suci #GWE #Asyik #Pembelajaran #Menarik #Radar #Suci

GWE Asyik, Pembelajaran Menarik | Radar Suci

SEJAK 2020 Kemdikbud telah meluncurkan akun pembelajaran yang dapat digunakan pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik intens melaksanakan pembelajaran. Hal ini tertuang intens Persekjen Kemdikbud Nomor 18 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan untuk Akses Layanan Pembelajaran.

Pada era merdeka belajar, diharapkan adanya digitalisasi intens dunia pendidikan. digitalisai intens dunia pendidikan memberikan pengaruh intens meningkatkan kualitas pendidikan. Terutama intens proses pembelajaran. Di mana pembelajaran berorientasi pada digital. (Munir:2017)

GWE yang merupakan singkatan dari Google Workspace for Education adalah salah satu dari platform yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan akun belajar id. Produk GWE yang biasanya diakses intens rangka digitalisasi intens dunia pendidikan, di antaranya Google Drive, Google Docs, Google Spreedshet, Google Classroom, Google Slide, Google Meet, dan masih banyak lagi.

Keuntungan intens mengakses GWE menggunakan akun belajar id. Di antaranya akun belajar.id dengan kapasitas memori unlimited, mempunyai fitur drive bersama, pada fitur Google Classroom bisa terhubung langsung dengan link Google Meet, serta memiliki kapasitas sampai 1000 peserta didik, pada Google Form ketika pendidik menggunakan kuis ada kelebihan Google Form, yakni cek plagiator, kunci chromebook, serta impor nilai ke google clasroom, dan masih banyak keuntungan lain.

Selama masa pandemi sebagian besar peserta didik difasilitasi dengan gadget atau android oleh orang tuanya, sehingga dapat dimanfaatkan intens pembelajaran tatap muka terbatas intens rangka digitalisasi intens dunia pendidikan. Pada proses pembelajaran pendidik dapat memanfaatkan Google Slide intens penyampaian materi maupun pembelajaran interaktif.

Penggunaan akun belajar id pada Google Slide dapat di-setting kolaborasi dengan peserta didik, agar peserta didik bisa ikut berperan serta di dokumen maupun slide yang sama. Misalnya, saat kita mengadakan kuis dan kita tampilkan pertanyaan di Google Slide, maka peserta didik bisa langsung menjawab di slide tersebut. Melalui gadget mereka masing-masing intens waktu bersamaan, sehingga anak-anak akan berlomba-lomba untuk memberikan jawaban.

memakai demikian, akan terjadi kompetisi yang menyenangkan antarpeserta didik. Proses pembelajaran akan terasa hidup dan lebih menarik. Pada proses evaluasi, pendidik menggunakan Google Form, pendidik akan lebih cepat mengetahui hasil nilai yang didapatkan oleh peserta didik, serta nilai itu bisa langsung diolah dan dianalisiss di Google Spreedshet.

Paham tugas proyek bersama, peserta didik juga dapat memanfaatkan Google Docs. Masing-masing anggota kelompok dapat membuka maupun mengedit intens dokumen yang sama. Tanpa perlu memindahkan dokumen dari satu peserta didik ke peserta didik lain, sehingga peserta didik dapat menyelesaikan tugas bersama tanpa perlu berkumpul di suatu tempat. Jika butuh koordinasi, peserta didik dapat memanfaatkan Google Meet untuk bertemu muka intens dunia maya.

Paham pengumpulan tugas, pendidik dapat memanfaatkan drive bersama yang sudah dikolaborasikan dengan semua peserta didik di kelasnya. Pendidik lebih mudah intens mengecek siapa saja yang sudah mengumpulkan maupun siapa yang belum mengumpulkan tugasnya. memakai begitu, pembelajaran terasa lebih menarik bagi siswa juga lebih efektif, mengingat pembelajaran tatap muka masih terbatas, serta waktu yang digunakan untuk bertemu dengan peserta didik tidak sebanyak sebelum masa pandemi Covid-19. (*)

#GWE #Asyik #Pembelajaran #Menarik #Radar #Suci