Harimau Sumatera Muncul di Kebun Sawit, BKSDA Resor Agam: Mencari Makan | KlikPositif.com #Harimau #Sumatera #Muncul #Kebun #Sawit #BKSDA #Resor #Agam #Mencari #Makan #KlikPositifcom

Harimau Sumatera Muncul di Kebun Sawit, BKSDA Resor Agam: Mencari Makan | KlikPositif.com


KlikPositif.com – Selasa, 18 Januari 2022 22:03 WIB

BKSDA Sumatera Barat melalui Resor Agam melakukan pemantauan dilokasi penampakan harimau sumatera


BKSDA Sumatera Barat melalui Resor Agam melakukan pemantauan dilokasi penampakan harimau sumatera (BKSDA Sumbar)

PASBAR , KLIKPOSITIF – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melalui Resor Agam melakukan pemantauan siang dan malam di Jorong Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat .

Pemantauan yang dilakukan untuk menindaklanjuti informasi yang viral di media sosial pada Senin (17/1/2022) tentang adanya harimau yang terekam kamera video warga masuk ke perkebunan sawit bekas Plasma PT Pasaman Maraman Sejahtera.

baca juga: 20.633 Peserta Penerima KIS Gratis di Pasaman Barat Dinonaktifkan Kemensos, Ini Penyebabnya

“Kita sudah di lokasi bersama personil Polsek Lembah Melintang. Kami akan melakukan patroli siang dan malam hari agar satwa tidak turun mendekati permukiman,” sebut Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, Ade Putra saat dihubungi KLIKPOSITIF , Selasa (18/2) malam.

Menurutnya kemunculan harimau tersebut untuk mencari makan. Hal itu kata Ade, berdasarkan keterangan warga setempat sejak tahun lalu banyak babi mati ditemukan.

baca juga: Wagub Sumbar Jenguk Puti Maua Agam di Pusat Rehabilitasi Dharmasraya

“Kami akan melakukan penghalauan atau penggiringan ke kawasan hutan lindung di sekitar lokasi kemunculan harimau ini dengan bergerak terus menuju hutan lindung,” terangnya.

Ade juga mengungkapkan untuk penampakan harimau secara langsung di lokasi perkebunan sawit tersebut hal itu baru pertama kali terjadi, sebelumnya warga hanya melihat jejak saja.

baca juga: Cegah Narkoba, Warga Binaan dan Pegawai Lapas Talu Pasbar Jalani Tes Urine

“Biasanya hanya kaki dan sekilas bentuk harimau saja. Ini baru pertama kali harimau berani mendekati dan begitu santai,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya akan melakukan penghalauan dengan menggunakan bunyi – bunyian pada titik – titik tertentu. “Kita akan menggunakan senjata api dan meriam karbit,” tutupnya.

baca juga: Wakil Rakyat Ini Harap Perusahaan yang Punya Program CSR Bantu Korban Banjir Aek Napal

Sebelumnya seekor harimau sumatera terekam kamera warga di Pasaman Barat . Dalam video yang diunggah akun instagram @infopasbar_, tampak jelas penampakan seekor harimau di sebuah hutan.

Kemungkinan video diambil dari atas kendaraan, namun sepertinya harimau ini tidak merasa terganggu dengan desing bunyi kendaraan. Ada dua slide video yang diunggah akun tersebut. Di slide pertama, tampak harimau tersebut sedang duduk.

Sementara di slide kedua, harimau berjalan meninggalkan lokasi. Dalam captionnya, @infopasbar_ menulis jika harimau itu muncul Situak Ujuang Gadiang, Kecamatan Lembah Malintang, Kabupaten Pasaman Barat , Senin 17 Januari 2022.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi


#Harimau #Sumatera #Muncul #Kebun #Sawit #BKSDA #Resor #Agam #Mencari #Makan #KlikPositifcom