Imunitas Turun, Anak Rentan Terinfeksi Korona #Imunitas #Turun #Anak #Rentan #Terinfeksi #Korona

Imunitas Turun, Anak Rentan Terinfeksi Korona

KOTA, JP Radar Kediri-Covid-19 di Kota Kediri kini mulai menyerang anak-anak. Setelah siswa kelas III SD terpapar, kini giliran anak berusia lima tahun yang menjalani perawatan setelah dinyatakan positif terinfeksi korona.

          Jubir Satgas Covid-19 Kota Kediri dr Fauzan Adima mengungkapkan, anak berusia lima tahun yang terkonfirmasi korona kini dirawat di Hunian Sakit Muhammadiyah (RSM) Ahmad Dahlan Kota Kediri. “Pasien wanita dari Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto,” ujar dokter berkacamata itu kepada Jawas Pos Radar Kediri.

          Lebih lanjut Fauzan menjelaskan, anak yang duduk di bangku TK itu tertular dari transmisi lokal. Pria yang juga kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri ini menyebut anak-anak rentan terpapar korona karena antibodi alamiah tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna.

          Kerentanan anak-anak terjangkit virus Covid-19 menurutnya juga tak lepas dari faktor cuaca. Perubahan cuaca yang lebih dingin membuat imunitas anak menurun. “Daya tahan tubuh anak menurun ini yang membuat mereka gampang sakit,” bebernya.

          Karena itulah, Fauzan mengimbau orang tua untuk lebih waspada akan penularan Covid-19. Apalagi, saat ini sudah mulai mewabah varian Omicron yang penularannya lebih cepat dibanding varian Delta.

          Selama diketahui, sesuai Instruksi Menteri Paham Negeri (Mendagri) yang terbaru, Kota Kediri tetap menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Meski berada di level terendah PPKM, dia meminta agar masyarakat tak lengah. “Covid-19 paling menular di tempat tertutup atau pertemuan panjang lebih dari 15 menit. Harus tetap terapkan protokol kesehatan ketat,” pesannya.

          Sementara itu, Pemkab Kediri bersiap melakukan vaksinasi booster pada

Sabtu (22/1) mendatang. Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menyiapkan 500 dosis pertama penerima vaksin yang akan dikumpulkan di Hunian Sakit Umum Daerah (RSUD) SLG.

          Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri dr. Achmad Khotib menegaskan, seperti yang direncanakan sebelumnya, vaksinasi booster diprioritaskan untuk kelompok lansia. Setelah kelompok rentan ini, pemkab akan melanjutkan untuk kelompok umum atau usia 18 tahun ke atas.

          Selain vaksinasi booster yang dipusatkan di RSUD SLG, Khotib menegaskan, ke depan vaksinasi booster bisa dilakukan di puskesmas, balai desa, dan di kecamatan. memakai demikian, vaksinasi yang bertujuan untuk memperkuat imunitas tubuh masyarakat dari ancaman Covid-19 itu bisa digenjot. “Vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum juga terus kami maksimalkan agar bisa mencapai 100 persen,” paparnya.

          Seperti diberitakan, sebelumnya Pemkab Kediri juga terus melanjutkan vaksinasi dengan sasaran anak usia 6-11 tahun. Kelompok ini jadi perhatian karena capaian yang optimal juga menentukan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh. (rq/syi/ut)

#Imunitas #Turun #Anak #Rentan #Terinfeksi #Korona