Jajal Mobil Listrik Touring Jakarta-Palembang, Cuma Sekali Isi Daya Listrik #Jajal #Mobil #Listrik #Touring #JakartaPalembang #Cuma #Sekali #Isi #Daya #Listrik

Jajal Mobil Listrik Touring Jakarta-Palembang, Cuma Sekali Isi Daya Listrik

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Kementrian Perhubungan membuktikan kehandalan mobil listrik melakukan perjalanan darat dari Jakarta-Jambi dengan jarak tempuh 826 Km.

Nasional Sales Division Head Nissan Indonesia Caca Tobing mengatakan Nissan mendukung program gerakan ramah lingkungan dengan menghadirkan dua kendaraan listrik yakni kick dan leaf yang juga ikut dalam touring tersebut.

Touring dimulai sejak Minggu 17/1/2022 dengan start dari Jakarta dan hari kedua sampai di Palembang dan baru sekali mengisi  listrik saat tiba di Palembang.

“Dua hari touring dari Jakarta sampai Palembang baru sekali charging dan akan lanjut lagi sampai jambi dengan estimasi sekali pengisian lagi di Sungai Lilin ,” kata Caca ditemui di sela peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Demang.

Caca menjelaskan kendaraan listrik Nissan leaf bisa diisi penuh 40 kwh dengan biaya Rp 57.888 yang bisa dijalankan dengan jarak tempuh 311 km.

Biaya ini jauh lebih murah dibanding penggunaan mobil bahan bakar dengan jarak tempuh yang sama karena akan menghabiskan bahan bakar penuh 60 liter dengan biaya Rp 540 ribu dengan jarak tempuh 540 km.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumatra Selatan, Jambi dan Bengkulu yang baru, Bambang Dwiyanto mengatakan di Palembang saat ini ada yakni di kantor PLN jalan Kapten A Rivai dan PLN Demang Lebar Daun. 

Ke depan dia berharap akan semakin banyak SPKLU lainnya sehingga bisa mendukung gerakan  ramah lingkungan penggunaan mobil listrik secara massal.

“PLN bersyukur adanya Pergub 26 2021 Desember tentang penggunaan KBLBB Kendaraan bermotor listrik berbasis batre sehingga mendorong upaya sosialisasi penggunaan mobil listrik,” kata Bambang.

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru meminta agar lebih banyak lagi bukan cuma di mal tapi juga di tempat perlintasan atau tempat ramai. Bisa saja ke depan bisa dikerjasamakan dengan SPBU sehingga tidak perlu investasi baru lagi.

Baca juga: PLN Resmikan SPKLU Demang Lebar Daun, Kedua di Kota Palembang

Herman Seru juga meminta agar ke depan kendaraan listrik ini bisa juga digunakan oleh dinas di lingkungan Pemprov sehingga mendukung gerakan transformasi dari energi fosil ke energi listrik.

“Semoga nantinya ada diskon khusus untuk dinas jadi bisa digunakan oleh dinas dan semakin banyak SPKLU yang tersedia,” ujarnya Herman Deru.

#Jajal #Mobil #Listrik #Touring #JakartaPalembang #Cuma #Sekali #Isi #Daya #Listrik