KAI targetkan LRT Jabodebek mulai beroperasi Agustus #KAI #targetkan #LRT #Jabodebek #mulai #beroperasi #Agustus

KAI targetkan LRT Jabodebek mulai beroperasi Agustus

Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT Kereta Barah Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengatakan proyek kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi mulai bulan Agustus 2022.

“Operasional dari LRT Jabodebek ditargetkan dapat dimulai pada Agustus 2022, yang kemudian beroperasi secara penuh menggunakan Grade of Automation (GoA) level 3 pada akhir tahun 2022,” kata Dirut KAI (Persero) Didiek intens diskusi Persiapan Operasional LRT Jabodebek di Jakarta, Rabu.

Baca juga: PT KAI gunakan PMN untuk lanjutkan LRT Jabodebek dan kereta cepat

Didiek menjelaskan LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan GoA level 3.

Sistem CBTC adalah pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis, serta dikendalikan juga secara otomatis dari pusat kendali operasi.

Adapun GoA level 3 adalah tingkat otomasi operasional kereta dimana pengoperasian dilakukan secara otomatis tanpa masinis, namun mensyaratkan masih terdapat petugas operasional di intens kereta untuk penanganan kondisi darurat dan pelayanan kepada pelanggan.

#KAI #targetkan #LRT #Jabodebek #mulai #beroperasi #Agustus