Komunitas "Liar" buka Lapak Baca Keliling di Ambon #Komunitas #Liar #buka #Lapak #Baca #Keliling #Ambon

Komunitas “Liar” buka Lapak Baca Keliling di Ambon

Ambon (ANTARA) – Komunitas Literasi Belajar (Liar) menggelar kegiatan rutin Lapak Baca gratis keliling demi meningkatkan minat baca di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

“Kita buka lapak untuk manarik perhatian anak-anak muda Maluku khususnya Kota Ambon, bahwa pentingnya literasi, dan kreativitas,” kata koordinator Literasi Belajar (Liar), Muhammad Arya Wandi, di Ambon, Selasa.  

Ia mengatakan, alasan Liar membuka lapak keliling karena menganggap orang-orang akan tertarik jika lapak dibuka di pinggir jalan atau tempat umum di tempat yang mereka singgahi. 

“Kami memiliki beberapa titik yang akan menjadi tempat kami membuak lapak. Di mana titik itu terdapat banyak anak muda, tempat keramaian, atau tempat yang terkena bencana,” ujarnya. 

Baca juga: Bersih-bersih BC Ambon & komunitas lingkungan kumpulkan setengah ton sampah di pantai bawah JMP

Selain membuka lapak baca gratis, Liar juga menggelar pasar gratis. Di mana sebelumnya mereka membuka donasi baju bekas pakai untuk kemudian diberikan gratis kepada masyarakat.

“Kita buka pasar gratis bebas uang ini juga karena terpanggil untuk membantu masyarkat lainnya. Siapa saja boleh datang ambil baju lalu dibawa pulang tanpa membayar atau memberi imbalan apa-apa,” ucapnya. 

Ia menyatakan, Liar menerima donasi berupa apa pun dari siapa pun, dan apa yang didonasikan masyarakat, akan kembali ke masyarakat yang lebih membutuhkan pula. 

“Ini bentuk dari kepedulian kami terhadap masyarakat yang mungkin sedikit mengalami kesulitan atau terkena dampak ekonomi,” katanya. 

Baca juga: 40 komunitas desak pemerintah cabut izin tambang di habitat gajah, begini penjelasannya

Wandy berharap, kepada seluruh anak muda Maluku, agar meningkatkan kesadaran terhadap Literasi dan Simpati kepada sesama rakyat.

“Tidak perlu menunggu kaya untuk memberi, tidak perlu menunggu pintar untuk memberi. Apa bila peduli, maka lakukanlah,” tuturnya. 

Sementara itu, dua orang di antara sejumlah anggota Liar sedang berada di Surabaya yang nanti juga akan melakukan perjalanan ke Jogja untuk membuka lapak baca keliling dengan tujuan menarik simpati anak muda kreatif untuk berjejaring dan saling bertukar pikiran.

“Jadi tidak hanya di Maluku, kami juga keluar untuk menebar Literasi, sehingga hal ini juga bisa menarik perhatian anak muda milenial melalui media sosial,” tandasnya.

Kegiatan Lapak baca gratis dan pasar gratis merupakan kegiatan rutin Liar. Dilakukan setiap hari Selasa, pukul 16.00 WIT di tempat yang akan mereka tentukan sendiri. 


Baca juga: Film pendek karya komunitas muda Ambon diputar di IMAJITARI 2021, begini penjelasannyaBaca juga: Film pendek karya komunitas muda Ambon diputar di IMAJITARI 2021, begini penjelasannya

#Komunitas #Liar #buka #Lapak #Baca #Keliling #Ambon