KPK Usut Dugaan Korupsi di Kabupaten Buru Selatan #KPK #Usut #Dugaan #Korupsi #Kabupaten #Buru #Selatan

KPK Usut Dugaan Korupsi di Kabupaten Buru Selatan

Jakarta, CNN Indonesia

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sedang mengusut kasus dugaan korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan, Maluku, tahun 2011-2016. KPK sudah menetapkan tersangka tetapi belum mengumumkannya ke publik.

“KPK saat ini benar tengah melakukan penyidikan intens perkara dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun 2011 sampai dengan 2016,” ujar Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Rabu (19/1).

Juru bicara berlatar belakang jaksa ini tidak menyampaikan kronologi perkara berikut tersangka yang sudah dijerat intens kasus tersebut. Hal itu sebagaimana kebijakan baru pimpinan KPK era Firli Bahuri dkk yang akan mengumumkan tersangka berikut detail perkara pada saat upaya paksa penangkapan dan penahanan.

Saat ini, lanjut Ali, tim penyidik masih mengumpulkan bukti-bukti untuk menguatkan dugaan perbuatan pidana sejumlah pihak yang telah menjadi tersangka. Satu di antaranya melalui pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

“KPK akan menyampaikan setiap perkembangan perkara ini kepada publik dan berharap publik juga turut membantu mengawasi perkara ini sebagai bentuk tanggung jawab dan keterbukaan intens penanganan perkara,” ucap Ali.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, setidaknya ada sejumlah kasus di tahap penyidikan yang belum diumumkan oleh KPK.

Di antaranya yaitu kasus dugaan korupsi pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tahun Aturan 2017; kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida, di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun anggaran 2016-2017.

Kemudian kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32, Kabupaten Mimika, Papua; kasus dugaan korupsi pengurusan Dana Bonus Daerah (DID) Kabupaten Tabanan, Bali, tahun anggaran 2018; dan kasus dugaan suap pengajuan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah tahun 2021.

(ryn/ain)

[Gambas:Video CNN]


#KPK #Usut #Dugaan #Korupsi #Kabupaten #Buru #Selatan