Lima Desa di Jombang Masih Tergenang Banjir #Lima #Desa #Jombang #Masih #Tergenang #Banjir

Lima Desa di Jombang Masih Tergenang Banjir

JOMBANG – Air luapan sejumlah sungai, masih menggenang di lima desa dari empat kecamatan di Jombang, hingga Sabtu pagi kemarin (22/1). Akibatnya, sejumlah aktivitas warga masih terganggu.

Salah satu wilayah yang masih digenangi air cukup tinggi, adalah Dusun Gebangsari, Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito. Air masih terlihat menggenang di sejumlah jalan dan depan rumah warga. Ketinggian air terpantau sekitar 30 sentimeter, atau setinggi lutut orang dewasa.

“Sudah dua hari ini, sejak Kamis malam air datang,” ucap Abdul Kholiq, 81, warga RT 01/RW 02 Dusun Gebangsari. Meski masih tergenang, namun hingga pagi kemarin tren genangan air cenderung mengalami penurunan. Jika Kamis malam hingga Jumat pagi air menggenang hingga ketinggian 70 sentimeter, Sabtu pagi kemarin ketinggian genangan menyusut hingga tinggal 30 sentimeter. “Sudah surut, tapi belum bisa hilang sepenuhnya,” lontar di.

Di dusunnya, banjir memang hampir setiap tahun terjadi. Penyebabnya, sungai Ngotok Ring Kanal yang berada tepat di utara kampung. Saat sungai banjir, maka bisa dipastikan, air selalu meluap dan merendam pemukiman warga di desanya. “Sejak saya kecil ya sudah begini,” ungkapnya.

Dari perkembangan terakini BPBD Jombang menyebut, hingga Sabtu pukul 09.00 kemarin (22/1), banjir masih merendam lima desa di empat kecamatan. Yakni di Kecamatan Sumobito, ketinggian banjir setinggi 20-30 cm masih merendam Dusun Balongsono, Desa Talunkidul ada 139 rumah warga dan 29 hektare sawah yang terdampak. Ada pula Dusun Gebangsari, Desa Trawasan, sebanyak 11 rumah dan 52 hektare sawah terdampak dengan ketinggian antara 15-30 cm.

Di Kecamatan Tembelang, banjir masih melanda Dusun Kedonglempuk, Desa Pesantren setinggi 10-30 cm. Sebanyak 50 rumah warga dan 19 hektare sawah terdampak. Sementara di Kecamatan Peterongan, banjir juga masih merendam 6 rumah dan 61 hektare sawah dengan ketinggian banjir antara 5-20 cm di Dusun Ngudi, Desa Tugusumberejo.

Selain itu, banjir juga merendam Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, dengan ketinggian antara 5-10 cm. Sedikitnya 5 rumah warga terdampak banjir. Namun dalam laporan itu, dikatakan jika kondisi banjir seluruhnya berangsur surut.

Beberapa saluran yang jadi pemicu genangan air, yaitu Sungai Ngotok Ring Kanal dan Avur Watudakon. Sementara kondisi Sungai Gunting yang sempat menyebabkan banjir di Mojoagung, kondisinya berangsur normal kembali.

#Lima #Desa #Jombang #Masih #Tergenang #Banjir