Media Asing Sorot Ibu Kota Baru Indonesia: Komentari Nama Nusantara #Media #Asing #Sorot #Ibu #Kota #Baru #Indonesia #Komentari #Nama #Nusantara

Media Asing Sorot Ibu Kota Baru Indonesia: Komentari Nama Nusantara

TRIBUNPEKANBARU.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Nama yang diambil untuk Ibu Kota Baru ini ialah Nusantara.

Terkait kebijakan ini, sejumlah media asing turut menyoroti.

Salah satu kantor berita terbesar di dunia yang didirikan di Inggris, Reuters, pada Rabu (19/1/2022), menerbitkan berita soal pengesahan rancangan undang-undang Ibu Kota Negara untuk memindahkan ibu kota negara Indonesia ke hutan Kalimantan.

Paham artikelnya berjudul “Indonesia passes law to relocate capital to Borneo jungle”, Reuters menyebut pengesahan RUU Ibu Kota Negara (IKN) menjadi Undang-undangan ini adalah kemajuan paling signifikan dari sebuah gagasan yang telah dilontarkan oleh para pemimpin negara Indonesia sejak bertahun-tahun lalu.

Reuters menuliskan rencana untuk memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta yang menderita kemacetan kronis, banjir, dan polusi udara sebenarnya telah dilontarkan oleh banyak Presiden Indonesia.

Tapi, tidak ada yang sampai sejauh ini.

Undang-undang ibu kota negara baru akan memberikan kerangka hukum untuk mega proyek ambisius senilai 32 miliar dollar AS dari Presiden Joko Widodo menetatpkan bagaimana pembangunan ibu kota akan didanai dan diatur.

Kantor berita itu juga memberikan pengumuman soal “Nusantara” yang telah dipilih menjadi nama ibu kota baru Indonesia.

Nusantara disebut akan mengikuti jejak ibu kota baru di negara lain, terutama Brasil dan Myanmar.

#Media #Asing #Sorot #Ibu #Kota #Baru #Indonesia #Komentari #Nama #Nusantara