Megawati di Mata Tiga Sekjen PDI Perjuangan: Memiliki Prinsip Teguh dan Taat Konstitusi #Megawati #Mata #Tiga #Sekjen #PDI #Perjuangan #Memiliki #Prinsip #Teguh #dan #Taat #Konstitusi

Megawati di Mata Tiga Sekjen PDI Perjuangan: Memiliki Prinsip Teguh dan Taat Konstitusi

POS-KUPANG.COM, JAKARTA – Tiga sosok Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan yang saat ini masih menjabat dan sudah purnatugas menyampaikan pandangan mereka masing-masing terhadap pribadi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hal ini diutarakan berkaitan dengan moment HUT ke-75 Megawati yang diperingati pada Minggu 23 Januari 2022.

Pramono Anung, Tjahjo Kumolo, dan Hasto Kristiyanto kompak menyebut bahwa Presiden Kelima RI itu memiliki prinsip yang sangat teguh dan taat dengan konstitusi.

“Di luar kekuasaan atau di dalam kekuasaan, Bu Mega itu selalu mengajarkan taat terhadap konstitusi,” kata Pramono.

Baca juga: Kado Unik Ultah Megawati dari PDI Perjuangan, Tanam Mangrove dan Cemara Udang

Menteri Sekretaris Kabinet itu mencontohkan pernah sekitar 2005 atau 2006, anggota DPR RI Fraksi PDIP menginterupsi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menyampaikan pidato nota keuangan di Sidang Paripurna 17 Agustus. Mengetahui itu, kata Pram, Ketua Umum Megawati sangat marah.

“Waktu itu saya masih Sekjen. Siapa pun yang melakukan interupsi kepada presiden, saya akan pecat pada saat itu juga,” kata Pramono mengulang pesan Ketua Umum Megawati.

“Kenapa itu dilakukan, karena beliau menjaga marwah konstitusi. Jadi kita boleh berbeda pendapat, kita boleh berseberangan, tetapi kita harus taat, patuh, tunduk pada konstitusi. Itu menjadi hal yang diajarkan Bu Mega,” imbuhnya.

Baca juga: Kakak Kandung Ungkap Sisi Lain Megawati, Suka Bermain Sepak Bola dan Panjat Pohon

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sosok Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hasto yang baru saja memimpin penanaman pohon di Bali dalam rangka merayakan milad Megawati itu, menyatakan putri Proklamator RI Bung Karno tersebut memiliki prinsip yang kuat.

“Ibu Mega menegaskan solid itulah yang menjadi kekuatan partai yang terus menyatu dengan rakyat. Karena itulah Bu Mega kita diajarkan hal-hal terkait prinsip, yang fundamental tentang bangsa, negara, dan tentang partai,” ujar Hasto.

Bukan hanya itu, politikus asal Yogyakarta itu juga mengutip kesan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mengenal Ketum Megawati sebagai sosok yang visioner, detail, dan kokoh pada prinsipnya.

Baca juga: Begini Reaksi Mensos Risma Ketika Ditanya Kesiapannya Menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara

#Megawati #Mata #Tiga #Sekjen #PDI #Perjuangan #Memiliki #Prinsip #Teguh #dan #Taat #Konstitusi