Minta Kajati Berbahasa Sunda Dipecat, Arteria Dahlan Tak Ingin Ada Sunda Empire di Kejaksaan #Minta #Kajati #Berbahasa #Sunda #Dipecat #Arteria #Dahlan #Tak #Ingin #Ada #Sunda #Empire #Kejaksaan

Minta Kajati Berbahasa Sunda Dipecat, Arteria Dahlan Tak Ingin Ada Sunda Empire di Kejaksaan

WARTAKOTALIVE, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan menjelaskan, permintaannya agar kepala kejaksaan tinggi (kajati) dicopot karena berbicara Bahasa Sunda saat rapat, bukan untuk mendiskreditkan Suku Sunda.

Namun, dia tidak ingin ada istilah Sunda Empire (Kerajaan Sunda) di tubuh Kejaksaan Agung.

Sebab, jika ada orang-orang yang memegang jabatan strategis di Kejagung, katanya, itu bukan karena faktor kesukuan Sunda-nya, namun karena memiliki kompetensi dan melalui mekanisme yang objektif serta transparan.

Baca juga: DAFTAR Terbaru Zona Hijau Covid-19 di Indonesia: Tambah Jadi 133, di Bali Cuma Satu

“Di saat kita semua sudah membuat yang bagus ini, ada gempuran yang namanya Sunda Empire.”

“Kita katakan sekalipun ada orang Sunda yang duduk sebagai Kajati, duduk sebagai karo, sebagai Kajari atau jabatan-jabatan strategis, itu bukan karena Sunda-nya.”

“Tapi karena suatu mekanisme yang membuat dia terpilih, mekanisme yang begitu objektif dan transparan.”

Baca juga: Kapolda Papua Minta Anak Buahnya Bersikap Bertahan, Jangan Serang KKB Duluan

“Karena beliau-beliau itulah yang cukup capable, punya kualitas, punya kompetensi, bukan karena Sunda-nya,” tutur Arteria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Arteria menyesalkan masih ada oknum jaksa yang mencoba memperlihatkan kedekatan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin, dengan cara-cara yang tidak tepat.

Menurutnya, hal itu bisa merusak sistem yang telah dibangun Kejaksaan Agung, agar tidak ada nepotisme kesukuan intens sebuah instansi pemerintahan.

Baca juga: Ubedilah Badrun: Tafsir Tudingan Hasto Keliru Besar, Saya Bukan Anggota Partai

“Tidak ada kaitannya mendiskreditkan umat atau orang Sunda.”

#Minta #Kajati #Berbahasa #Sunda #Dipecat #Arteria #Dahlan #Tak #Ingin #Ada #Sunda #Empire #Kejaksaan