Muhammadiyah Bangun Gedung Hunian Lansia #Muhammadiyah #Bangun #Gedung #Hunian #Lansia

Muhammadiyah Bangun Gedung Hunian Lansia

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi- Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Banyuwangi kembali menggarap 13 proyek amal usahanya dengan nilai investasi kurang lebih Rp 39,7 miliar. Selama mengawali mega proyek tersebut, Muhammadiyah Banyuwangi membangun gedung “Muhammadiyah Senior Care” (Hunian Jompo/Lansia).

Secara simbolis peletakan batu pertama dilakukan pada Minggu kemarin (16/1) di kawasan Panti Asuhan Budi Mulya, di Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi. Peletakan batu pertama disaksikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim DR KH M Saad Ibrahim, MA, Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Plt Kesbangpol M Lutfi, Lurah Sumberrejo Pakis, M. Prima Kharisma Jabara, Camat Banyuwangi Danisworo, perwakilan Forpimka serta mitra dan keluarga besar Muhammadiyah Banyuwangi.

Ketua PD Muhammadiyah Banyuwangi Dr. H. Muhlis Lahudin, M.Si mengatakan, setelah sukses membangun 13 proyek di tahun 2021 dengan nilai investasi kurang lebih Rp 30,6 miliar, maka di tahun 2022 ini Muhammadiyah Banyuwangi kembali memproyeksikan 13 pembangunan amal usaha Muhamamdiyah. Salah satunya adalah pembangunan gedung  Muhammadiyah Senior Care ini.

Muhlis mengatakan, saat ini Muhammadiyah Banyuwangi memiliki 9 panti lansia. Nantinya gedung Muhammadiyah Senior Care (Hunian Jompo/Lansia) ini akan diberi nama Panti Lansia Muhammadiyah Budi Mulya Banyuwangi. Panti Lansia ini akan dibangun diatas luas tanah 1.150 meter persegi dari total luas tanah 11.000 meter persegi. “Alhamdulillah hari ini Muhammadiyah Banyuwangi mengawali proyek pertama ditahun 2022 dengan membangun Panti Lansia dengan 7 unit tempat tinggal. Pembangunan Panti Lansia ini, Muhammadiyah Banyuwangi menerima sedekah jariyah dari keluarga almarhum Hj Mastawah Aziz sebesar Rp 150 juta,” ujar Muhlis.

Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas memberikan apresiasi terhadap pembangunan gedung  Muhammadiyah Senior Care (tempat tinggal lansia) ini. Menurut bupati, penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia pada 2021 menyentuh angka 29,3 juta. Angka ini setara dengan 10,82% dari total penduduk di Indonesia.

Di Banyuwangi sendiri jumlah lansia hampir menyentuh angka 153 ribu orang. Pemkab Banyuwangi juga telah membuat program-program untuk mendukung lansia agar tetap hidup sehat bahagia. Salah satunya adalah program rantang kasih, layanan kesehatan, posyandu lansia hingga pemberdayaan.  memakai memberikan pendidikan kesehatan, mengajari senam lansia dan membudidayakan serta memanfaatkan tanaman obat keluarga.

Program tersebut bentuk promosi kesehatan melalui pemberian pendidikan kesehatan penyakit tidak menular yang sering dialami oleh lansia serta cara pencegahan dan penanggulangannya dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga. “Pemkab Banyuwangi memberikan apresiasi terhadap pendirian gedung tempat tinggal lansia ini. Mudah-mudahan dapat ditiru oleh lembaga/instansi lainnya,” kata Ipuk. 

#Muhammadiyah #Bangun #Gedung #Hunian #Lansia