Nadiem Minta Pemda Tak Tahan Kebutuhan Formasi PPPK: Aturan Gajinya Sudah Ada #Nadiem #Minta #Pemda #Tak #Tahan #Kebutuhan #Formasi #PPPK #Aturan #Gajinya #Sudah #Ada

Nadiem Minta Pemda Tak Tahan Kebutuhan Formasi PPPK: Aturan Gajinya Sudah Ada

RADARSOLO.ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta bantuan DPR untuk melakukan sosialisasi terkait dengan pelaksanaan program rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk guru honorer. Terutama terkait isu perihal formasi PPPK.

Nadiem berharap pemerintah daerah (pemda) dapat mengisi formasi sesuai dengan target yang ditetapkan Kemendikbudristek. Sebab, saat ini terdapat masalah guru honorer yang lolos passing grade, namun tidak mendapatkan formasi.

“Kami ingin bantuan dari komisi X untuk mengomunikasikan ini kepada masyarakat. Terutama yang isu formasi, kalau semua pemda telah mengajukan formasi yang kita inginkan sesuai target kita. Kita tidak akan ada yang namanya lolos passing grade, tapi tidak mendapatkan formasi,” ujar Nadiem intens rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Rabu (19/1).

Padahal, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga telah menetapkan anggaran untuk honor guru PPPK per daerah yang akan ditanggung negara. “Artinya, tidak bisa digunakan untuk hal-hal lain, hanya untuk itu, hanya untuk PPPK,” terangnya.

Jadi, lanjut dia, sudah tidak ada lagi alasan kenapa formasi tidak diajukan secara full sesuai dengan anggaran yang sudah dikunci itu. Karena uang itu tidak bisa digunakan untuk hal-hal lain.

“Dimohon bapak/ibu intens sosialisasi ke masyarakat ini bisa ditekankan, itu akan sangat membantu konstituen bapak/ibu di masing-masing dapil,” jelas dia.

Lebih lanjut ditegaskan Nadiem, Kemendikbudristek akan terus memperjuangkan hak bagi para guru honorer untuk mendapatkan kesejahteraan yang layak. Mereka yang lolos passing grade akan diprioritaskan untuk mendapat posisi, utamanya di sekolah induk dan tidak perlu mengambil tes lainnya.

“Jadi itulah permintaan kita terhadap perubahan yang kami ajukan kepada panselnas. Saya harap ini ada titik temunya, dan bisa kita memberikan keadilan bagi guru yang lolos passing grade intens sekolahnya masing-masing,” tandas Nadiem. (JPG/ria)

 

#Nadiem #Minta #Pemda #Tak #Tahan #Kebutuhan #Formasi #PPPK #Aturan #Gajinya #Sudah #Ada