Nggak Pede dengan Diri Sendiri? Coba 5 Cara Berikut Selama Membangun Rasa Percaya Diri #Nggak #Pede #dengan #Diri #Sendiri #Coba #Cara #Berikut #Selama #Membangun #Rasa #Percaya #Diri

Nggak Pede dengan Diri Sendiri? Coba 5 Cara Berikut Selama Membangun Rasa Percaya Diri

Rabu, 19 Januari 2022 | 07:56 WIB


Ilustrasi percaya diri (pexels/@stywo)

Ilustrasi percaya diri (pexels/@stywo)


KlikBabel.com – Apakah kamu sering merasa tidak percaya diri saat harus menghadapi situasi sulit? Atau kamu merasa rendah diri karena penampilan kurang sempurna? Jika kamu ada di posisi ini, mulai sekarang kamu harus belajar untuk menjadi sosok yang percaya diri.

Percaya diri didefinisikan sebagai perasaan percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri itu penting untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis seseorang.

Memiliki tingkat kepercayaan diri yang sehat dapat membantu seseorang menjadi sukses intens kehidupan pribadi dan profesional. Ini juga sangat berperan untuk memotivasi seseorang intens mengejar tujuan hidupnya.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri? Simak tips di bawah ini, melansir dari Verywell Mind.

1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Berhentilah membandingkan penampilanmu dengan teman-teman di media sosial, atau membandingkan gajimu dengan pendapatan temanmu. Membandingkan seperti itu tidak sehat.

Faktanya, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan intens Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan seseorang tentang dirinya sendiri.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang membandingkan diri mereka dengan orang lain mengalami rasa iri. Beserta semakin banyak kecemburuan yang mereka alami, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri.

2. Kelilingi Diri memakai Orang-Orang Positif

Perhatikan bagaimana temanmu dapat mempengaruhi perasaanmu. Apakah temanmu mendukung atau malah menjatuhkanmu? Apakah mereka kerap menghakimimu, atau menerima kamu apa adanya?

Orang-orang yang menghabiskan waktu denganmu akan mempengaruhi pikiran dan sikap kamu tentang diri sendiri. Jika kamu merasa buruk tentang diri sendiri setelah bergaul dengan orang tertentu, mungkin ini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal.

3. Rawat Tubuhmu

Sulit untuk merasa baik tentang diri sendiri jika penampilanmu tidak intens kondisi baik. Melakukan sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwa, akan membuat kamu merasa lebih percaya diri.

Lakukan diet dengan makan makanan yang memiliki banyak manfaat. Ketika kamu mengonsumsi makanan padat nutrisi, kamu akan merasa lebih sehat, lebih kuat, dan lebih berenergi, yang dapat menghasilkan perasaan lebih baik tentang diri sendiri.

Lakukan juga olahraga secara konsisten. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di Neuropsychiatric Disease and Treatment menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur meningkatkan citra tubuh peserta studi. Beserta ketika citra tubuh mereka meningkat, mereka pun akan merasa lebih percaya diri

4. Bersikap Baik Kepada Diri Sendiri

Ini artinya kamu harus memperlakukan diri sendiri dengan baik bahkan ketika dirimu membuat kesalahan, gagal, atau mengalami kemunduran. Ini adalah cara berhubungan dengan diri sendiri yang memungkinkan kamu menjadi lebih fleksibel secara emosional.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan intens Journal of Personality menemukan bahwa bersikap baik kepada diri sendiri berkontribusi pada kepercayaan diri yang lebih konsisten.

5. Self-Talk Positif

Self-talk yang optimis dapat membantu menumbuhkan rasa sayang pada diri sendiri, mengatasi keraguan diri, dan menghadapi tantangan baru. Di sisi lain, self-talk negatif dapat membatasi kemampuanmu dan mengurangi kepercayaan diri. Self-talk negatif meyakinkan alam bawah sadar bahwa kamu “tidak dapat mengatasinya” atau sesuatu “terlalu sulit” untuk dilakukan.

Jadi, alih-alih mengatakan pada diri sendiri “Saya tidak bisa menangani ini,” atau “Ini tidak mungkin”, coba ingatkan diri sendiri bahwa “Saya bisa melakukannya” atau “Yang harus saya lakukan hanyalah mencoba.”

 



loading…


Penulis  : –
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com

#Nggak #Pede #dengan #Diri #Sendiri #Coba #Cara #Berikut #Selama #Membangun #Rasa #Percaya #Diri