Operasional Bus Tetap Normal #Operasional #Bus #Tetap #Normal

Operasional Bus Tetap Normal

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Di tengah munculnya kasus Covid-19 varian Omicron, operasional bus bandara tetap normal. Angkutan pemadu moda dengan rute Kota Mojokerto-Bandara Juanda masih melayani penumpang mulai pagi hingga malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto Endri Agus Subianto mengungkapkan, sejak kembali dioperasionalkan 20 Desember 2021 lalu, bus bandara tetap beroperasi secara normal. Bus milik Damri itu masih mengangkut penumpang dari Kota Mojokerto ke Bandara Internasional Juanda meski kasus Covid-19 varian Omicron sudah terdeteksi di Jatim. ’’Tidak ada perubahan, operasional masih tetap,’’ terangnya.

Menurutnya, hingga saat ini terdapat empat armada yang beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 19.00. Durasi kedatangan dan keberangkatan juga masih diterapkan per satu jam sekali. Endri mengatakan, tidak adanya penyesuaian jam pelayanan itu lantaran jumlah penumpang bus bandara mulai terjadi peningkatan.

Meskipun, kata Endri, bus dengan daya tampung 26 kursi itu masih belum bisa terpenuhi. ’’Walaupun tidak penuh, tapi ada penigkatan penerimaan dibandingkan pada waktu awal pandemi lalu,’’ tandas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojoketo ini.

Dikatakan dia, setiap penumpang juga telah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Setiap penumpang yang bepergian menuju Bandara Juanda juga dipersyaratkan membawa surat keterangan bebas Covid-19 dari hasil rapid test atau uji swab sebagai syarat perjalanan di pesawat.

Tak hanya itu, pengetatan juga diberlakukan bagi pelaku perjalanan yang baru tiba di Juanda. Sebab, otoritas bandara juga menyiapkan tempat karantina terpusat bagi pelaku perjalanan guna mencegah transmisi Covid-19. Khususnya terhadap varian Omicron.

Sehingga, Endri memastikan penumpang angkutan pemadu moda telah melalui tahap skrining yang ketat. Sehingga, jam pelayanan bisa tetap berjalan normal. ’’Sementara dari Damri juga belum ada laporan terkait penyesuaian. Karena kalau ada perubahan nanti keterkaitannya dengan rute dan jadwal jam yang sudah kita buat,’’ pungkasnya.

Selama diketahui, angkutan pemadu moda atau bus bandara melayani penumpang melalui sejumlah trayek perjalanan. Dimulai dari titik keberangkatan di Terminal Kertajaya, bus melewati Rest Area Gunung Gedangan di Jalan Bypass Kota Mojokerto. Rute perjalanan berlanjut ke Jalan Kedungsari dan Jalan Benteng Pancasila (Benpas), kemudian melalui Jalan Gajah Mada. Perlajanan menuju Bandara Juanda ditempuh via Jalan Raya Mlirip dan melewati gerbang Tol Penompo. (ram/abi)

#Operasional #Bus #Tetap #Normal