Paham Sebulan 572 Orang Kena Omicron, BOR RS Naik 15 Persen #Paham #Sebulan #Orang #Kena #Omicron #BOR #Naik #Persen

Paham Sebulan 572 Orang Kena Omicron, BOR RS Naik 15 Persen

JawaPos.com – Indonesia kali pertama melaporkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron pada 15 Desember 2021. Beserta hanya intens kurun waktu satu bulan per 14 Januari 2022, total kasus Omicron sudah mencapai 57 kasus. Rata-rata didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri, dan juga menular secara lokal di masyarakat. Varian Omicron ternyata juga memicu angka keterisian tempat tidur tempat tinggal sakit (Bed Occupation Rate atau BOR) sebanyak 15 persen.

Kementerian Kesehatan mencatat mayoritas kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia berasal dari pelaku perjalanan internasional (imported case). Oleh karena itu, pintu masuk negara baik darat, laut maupun udara diperketat seiring semakin meluasnya penyebaran varian Omicron.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak atau menunda melakukan perjalanan ke luar negeri. Saya berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M serta segera ikut vaksinasi Covid-19,”kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan baru-baru ini.

Paham Sebulan 572 Kasus

Mayoritas paling banyak adalah mereka yang baru pulang dari Turki dan Arab Saudi. Beserta kini hingga Jumat (14/1), tercatat total kasus Omicron menjadi 572 kasus. Penambahan kasus tersebut terdiri dari pelaku perjalanan internasional dan transmisi lokal.

Seluruh pasien wajib menjalankan karantina kesehatan. Mayoritas menjalani karantina RSDC Wisma Atlet Kemayoran. Jumlahnya sekitar 339 orang. Sisanya menjalani karantina di RS yang telah ditunjuk oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

#Paham #Sebulan #Orang #Kena #Omicron #BOR #Naik #Persen