Palembang bentuk KTNM sebagai kawasan percontohan kebersihan sungai #Palembang #bentuk #KTNM #sebagai #kawasan #percontohan #kebersihan #sungai

Palembang bentuk KTNM sebagai kawasan percontohan kebersihan sungai

Sumatera Selatan (ANTARA) – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, membentuk Kampung Tangguh Nusantara Musi (KTNM) untuk dijadikan sebagai kawasan percontohan dalam hal menjaga kebersihan aliran sungai.

KTNM tersebut berlokasi di kawasan Sungai Karangkuang Jalan Mayor Rasyad Nawawi Lorong Kebangkan II, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan Ilir Timur III, Palembang.

Wali Kota Palembang Harnojoyo, Selasa mengatakan, KTNM tersebut merupakan buah gagasan dari pemerintah bersama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan dan Polrestabes Palembang untuk menciptakan masyarakat yang mempunyai kesadaran menjaga kebersihan aliran sungai dan lingkungan sekitarnya.

“Masyarakat di kampung tanguh dilarang keras membuang sampah kedalam aliran sungai sehingga kebersihan sungai itu terjaga,” kata Harnojoyo dalam rilis.

 

Menurut dia, sebagai kawasan percontohan kebersihan sungai KTNM bakal mendapatkan sarana dan prasarana kebersihan yang memadai dan masyarakat yang berada di sana mendapatkan pembinaan secara khusus dari pemerintah dan aparat kepolisian.

Adapun pembinaan tersebut meliputi pengajaran terkait bagaimana cara-cara penataan aliran sungai dan menciptakan gerakan pola hidup sehat di sana.

Sehingga dengan begitu, lanjut nya, diharapkan masyarakat bisa menghentikan kebiasaan minor mereka buang sampah ke sungai.

“Kami jadikan KTNM ini bersih dari sampah. Ketika sungai sudah bersih dan rapi maka kesehatan masyarakat disekitarnya bisa lebih terjamin,” kata dia.

#Palembang #bentuk #KTNM #sebagai #kawasan #percontohan #kebersihan #sungai