Pangeran Harry Ajukan Tuntutan Permintaan Perlindungan Polisi Inggris ke Pengadilan #Pangeran #Harry #Ajukan #Tuntutan #Permintaan #Perlindungan #Polisi #Inggris #Pengadilan

Pangeran Harry Ajukan Tuntutan Permintaan Perlindungan Polisi Inggris ke Pengadilan

KANALKALIMANTAN.COM – Pangeran Harry mengajukan tuntutan peninjauan kembali terhadap keputusan pemerintah Inggris yang tidak mengizinkannya membayar sendiri untuk meminta perlindungan polisi setempat ketika berada di Inggris.

Perwakilan hukum Duke of Sussex mengatakan pada Sabtu (15/1) bahwa Harry ingin membawa anak-anaknya Archie dan Lilibet untuk mengunjungi negara asalnya dari AS tetapi ia menganggap kunjungan itu akan terlalu berisiko jika dilakukan tanpa perlindungan polisi.

Perwakilan itu mengatakan Harry ingin membayar sendiri perlindungan polisi tersebut. Tim keamanan pribadinya di AS tidak memiliki yurisdiksi yang memadai di luar negeri atau akses ke informasi intelijen Inggris, kata mereka.

“Duke dan Duchess of Sussex secara pribadi mendanai tim keamanan swasta untuk keluarga mereka, tapi tim keamanan itu tidak dapat meniru perlindungan polisi yang diperlukan saat berada di Inggris,” kata sebuah pernyataan.

 

Baca juga : Personel Kodim 1001/HSU-BLG Mulai Terima Vaksinasi Booster

“memakai tidak adanya perlindungan seperti itu, Pangeran Harry dan keluarganya tidak dapat kembali ke rumahnya.”

Tuntutan untuk peninjauan kembali diajukan pada September untuk menantang pengambilan keputusan pemerintah Inggris terkait prosedur keamanan.

Harry dan istrinya Meghan kehilangan perlindungan polisi yang didanai publik di Inggris ketika mereka mengundurkan diri dari kerajaan dan pindah ke Amerika Utara pada 2020. Pasangan itu mengatakan keputusan mereka dilatarbelakangi oleh gangguan yang tak tertahankan dan sikap rasis dari media Inggris.

Pasangan ini pertama kali pergi ke Kanada sebelum menetap di AS. Mereka menyatakan bahwa mereka secara pribadi mendanai keamanan untuk kepindahan mereka ke AS setelah Presiden Donald Trump mengatakan pemerintahnya tidak akan mengeluarkan dana untuk perlindungan mereka.

 

Baca juga : Dugaan Kakek S Meninggal Dunia Akibat Tindak Kekerasan Polisi, Begini Penjelasan Kabid Humas Polda Kalsel

Pernyataan itu mengatakan keamanan Harry “dikompromikan karena tidak adanya perlindungan polisi” selama kunjungan singkat ke Inggris pada bulan Juli, ketika mobilnya dikejar oleh fotografer saat dia meninggalkan sebuah acara amal.

Putri Harry dan Meghan yang berusia 7 bulan, Lilibet, belum bertemu dengan nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II, dan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Pernyataan itu mengatakan Harry pertama kali menawarkan untuk secara pribadi membayar perlindungan polisi Inggris untuk dirinya dan keluarganya pada Januari 2020, saat berbicara dengan ratu mengenai masa depan Sussex. Namun tawaran itu “ditolak,” kata pernyataan itu.

“Tujuan Pangeran Harry sederhana – untuk memastikan keselamatan dirinya dan keluarganya saat berada di Inggris sehingga anak-anaknya dapat mengetahui negara asalnya,” tulis pernyataan tersebut. “Inggris akan selalu menjadi tempat tinggal Pangeran Harry dan ia ingin agar istri dan anak-anaknya merasa aman selama berada di negara tersebut.” (VOA/ah/rs)

Editor : Desy



Dilihat
14

#Pangeran #Harry #Ajukan #Tuntutan #Permintaan #Perlindungan #Polisi #Inggris #Pengadilan