PBSI Masih Tertutup soal Pengganti Pelatih Nasional Hendry Saputra #PBSI #Masih #Tertutup #soal #Pengganti #Pelatih #Nasional #Hendry #Saputra

PBSI Masih Tertutup soal Pengganti Pelatih Nasional Hendry Saputra

JawaPos.com-Skuad pelatnas PBSI akan mengalami beberapa perubahan. Bukan hanya dari atlet yang mengalami promosi dan degradasi, melainkan juga pergantian pelatih.

Setelah kabar pencoretan ganda campuran nomor satu dan dua Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, kini posisi pelatih kepala tunggal putra juga akan berganti.

Pelatih Hendry Saputra sudah mengonfirmasi bahwa kontraknya dengan PP PBSI tidak diperpanjang. Kontrak tersebut memang berakhir pada Desember 2021 lalu.

Padahal, tahun lalu Hendri mengantar Anthony Sinisuka Ginting meraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Juga membantu para pemain tunggal menjadi elemen penting kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020.

Namun, pada tur Eropa tahun lalu, Hendry memang sudah jarang mendampingi Ginting dkk di pinggir lapangan.

Posisi tersebut lebih banyak digantikan asistennya, Irwansyah. Tetapi, Irwansyah belum memberikan kepastian soal pergantian posisinya di tim pelatih tunggal putra pelatnas. ’’Maaf, soal pergantian pelatih ini, kami semua belum ada yang tahu,’’ ujar Irwansyah.

PP PBSI belum memberikan konfirmasi soal pergantian pelatih tersebut. ’’Kami belum bisa menanggapi hal tersebut karena SK pelatih dan juga pemain belum diumumkan. Rencananya, masih akhir Januari ini,’’ kata Kabidhumas dan Media PP PBSI Broto Happy kemarin (18/1).

Setelah kontrak Hendry berakhir, posisi pelatih tunggal putra belum terjawab. Sempat ada kabar bahwa Mulyo Handoyo akan mengisi kekosongan tersebut.

Kontraknya dengan Asosiasi Bulu Tangkis Singapura (SBA) berakhir pada bulan ini.
Namun, mantan pelatih Taufik Hidayat itu mengonfirmasi bahwa dirinya tidak akan kembali ke Indonesia. ’’Tidak ada tawaran dari PP PBSI,” tegas Mulyo melalui pesan singkat.

Mulyo sendiri santer dikabarkan akan melatih tim India.

Sementara itu, melalui hasil seleksi nasional (seleknas) pada 10–15 Januari lalu, ada 16 pemain yang mendapat tiket promosi ke pelatnas. Mereka berasal dari kategori taruna dan dewasa dengan masing-masing lima sektor.

Pada Senin (17/1) dan kemarin, mereka telah menjalani tes kesehatan, psikotes, dan tes fisik.

Kasubbid Pengembangan Sport Science PP PBSI Iwan Hermawan menjelaskan, hal itu dilakukan untuk mengetahui komponen-komponen kesehatan mental dan fisik pemain. Termasuk adanya riwayat cedera.

’’Jangan sampai yang sering terjadi selama ini, sampai di sini ada cedera dan tidak bisa berprestasi lagi. Data ini akan membantu kami tim pelatih untuk mengembangkan mereka sesuai dengan program-program menuju level internasional,’’ kata Iwan intens rilis resmi PBSI.

Iwan menyatakan, hasil tes kondisi pemain tersebut sedang hingga bagus. Namun, ada banyak pekerjaan tempat tinggal untuk tim pelatih nantinya.

’’Kami tim pelatih akan mulai menyusun program latihan dengan prinsip individualisme. Yakni, program latihan sesuai porsi dan kemampuan atlet masing-masing alias tidak disamaratakan,’’ ucap Iwan.

#PBSI #Masih #Tertutup #soal #Pengganti #Pelatih #Nasional #Hendry #Saputra