Pemkab Kupang tanam belasan ribu bibit kelapa di Pantai wisata Teres - ANTARA News Kupang, Nusa Tenggara Timur - ANTARA News Nusa Tenggara Timur #Pemkab #Kupang #tanam #belasan #ribu #bibit #kelapa #Pantai #wisata #Teres #ANTARA #News #Kupang #Nusa #Tenggara #Timur #ANTARA #News #Nusa #Tenggara #Timur

Pemkab Kupang tanam belasan ribu bibit kelapa di Pantai wisata Teres – ANTARA News Kupang, Nusa Tenggara Timur – ANTARA News Nusa Tenggara Timur

Kupang (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menanam 15.000 bibit kelapa sebagai upaya untuk menghijaukan kawasan wisata pantai Teres sekaligus mendorong peningkatan usaha ekonomi masyarakat di Kecamatan Amarasi Selatan.

“Penanaman 15.000 bibit kelapa secara simbolis di Pantai Teres sudah dilakukan bersama pimpinan daerah Kabupaten Kupang, apalagi sudah mulai musim hujan sehingga sangat tepat penanaman dilakukan saat ini ,” kata Bupati Kupang, Korinus Masneno di Kupang, Senin (18/1).

Penanaman anakan tanaman kelapa untuk menyukseskan program prioritas dilakukan pemerintah Kabupaten Kupang melalui Revolusi 5P yaitu pembangunan sektor Pertanian, Perkebunan, Pariwisata, Perikanan dan Kelautan serta Peternakan.

Korinus Masneno menyatakan penanaman 15.000 anakan tanaman kelapa itu juga melibatkan masyarakat di Kecamatan Amarasi Selatan terutama disekitar kawasan wisata Pantai Teres yang menjadi salah satu kawasan wisata unggulan Kabupaten Kupang.

“Pemerintah Kabupaten Kupang mengapresiasi atas dukungan masyarakat, para siswa sekolah dan guru-guru di Amarasi Selatan yang turun langsung melakukan penanaman ribuan pohon tanaman kelapa itu,” tegasnya.

Baca juga: Bupati Kupang ingatkan BPBD tak potong bantuan korban Seroja

Ia menegaskan 15.000 bibit pohon kelapa itu merupakan jenis Kelapa Hijau yang didatangkan dari Bali dengan harga 80.000/pohon diberikan kepada masyarakat untuk ditanam di lahan milik masyarakat serta dalam lokasi wisata pantai Teres dan lokasi wisata Fatubraun.

Baca juga: Tiga bupati di Sumba paparkan manfaat program kartu prakerja

“Berdasarkan perhitungan tim pakar kelapa ini akan dapat berbuah dalam kurun waktu 2,5 tahun hingga 5 tahun. Jumlah buah perpohon saat berbuah bisa mencapai 80 buah/pohon,” kata Korinus Masneno.

Bupati Korinus Masneno merasa bangga karena dalam penanaman anakan pohon kelapa di kawasan Pantai Teres juga diikuti anak-anak sekolah di Amarasi Selatan.

Menurut dia pelibatan anak-anak sekolah memiliki dampak positif untuk membiasakan secara dini bagi generasi muda untuk menanam tanaman produktif yang memiliki dampak ekonomi yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Kupang berupaya membangun ekonomi masyarakat dengan apa yang ada pada masyarakat dan bisa dikerjakan masyarakat bukan sesuatu yang tidak bisa dikerjakan masyarakat,” tegas Korinus Masneno.

Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno (kedua dari kiri dalam posisi jongkok) saat melakukan penamaman perdana tanaman kelapa di kawasan Pantai Teres. (Antara/HO-Protokol dan Komunikasi pimpinan Setda Kabupaten Kupang.)




Menurut Korinus Masneno pemerintah bersama DPRD telah merancang grand desain pembangunan Kabupaten Kupang untuk 5-10 tahun kedepan yang diharapkan akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk bidang Perkebunan pemerintah gencar menanam lamtoro, kelapa dan jenis-jenis komoditi lainnya yang diharapkan punya daya saing kedepan sehingga akan memberikan hasil yang luar biasa bagi peningkatan taraf hidup dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kupang.

#Pemkab #Kupang #tanam #belasan #ribu #bibit #kelapa #Pantai #wisata #Teres #ANTARA #News #Kupang #Nusa #Tenggara #Timur #ANTARA #News #Nusa #Tenggara #Timur