Perbaiki Data Kependudukan, Petugas Dispendukcapil Gresik Terjun Langsung ke Balai Desa #Perbaiki #Data #Kependudukan #Petugas #Dispendukcapil #Gresik #Terjun #Langsung #Balai #Desa

Perbaiki Data Kependudukan, Petugas Dispendukcapil Gresik Terjun Langsung ke Balai Desa

SURYA.co.id | GRESIK – Pemerintah Desa Gredek Kecamatan Duduksampean mendatangkan petugas Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik, Selasa (18/1/2022). Kedatangannya untuk memperbaiki data penduduk, sehingga masyarakat miskin bisa mendapatkan bantuan.

Kepala Desa Gredek, M. Bahrul Ghofar mengatakan, kedatangan petugas Dispendukcapil ini untuk memutakhirkan data kependudukan. Baik, data orang meninggal dunia, pindah tempat dan keluarga baru.

 “Dari validasi data ini dapat dipastikan bahwa satu keluarga tercatat dalam kartu keluarga dan yang meninggal dinyatakan telah meninggal dunia,” kata Ghofar.

Lebih lanjut Ghofar menambahkan, dari validasi data kependudukan tersebut juga bisa membantu warga miskin untuk mendapatkan bantuan dari pusat maupun dari desa. Sebab, dalam kartu keluarga sudah diketahui kepala keluarganya dan statusnya.

 “Dari validasi ini lebih jelas, bahwa masyarakat yang telah meninggal dunia akan dihapus dan yang kepala keluarga yang baru akan terlihat statusnya. Sehingga, jika memang warga kurang mampu, bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bidang Pemanfaatan data dan Inovasi Pelayan Dokumen  Dispendukcapil Kabupaten Gresik Sunarto mengatakan, validasi data kependudukan ini untuk memastikan bahwa warga tersebut masih ada atau tidak. Misalnya, ada data seseorang sudah meninggal dunia, tapi masih ada di dalam Kartu Keluarga (KK).

Dari data yang tidak valid tersebut akan mengganggu pelayanan di pemerintah. “Dan tidak bisa dimasukkan dalam sistem kependudukan secara online. Akibatnya, akan mengganggu pelayanan keluarga yang masih hidup,” kata Sunarto.

#Perbaiki #Data #Kependudukan #Petugas #Dispendukcapil #Gresik #Terjun #Langsung #Balai #Desa