Pohon Tumbang di Halaman Satlantas Polres Boyolali Timpa Mobil #Pohon #Tumbang #Halaman #Satlantas #Polres #Boyolali #Timpa #Mobil

Pohon Tumbang di Halaman Satlantas Polres Boyolali Timpa Mobil

BOYOLALI – Hujan deras yang mengguyur Boyolali sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan pohon tumbang dan tanah longsor. Pohon tumbang di halaman Satlantas Polres Boyolali, Sabtu (22/1), menimpa satu unit mobil Honda Brio. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Kurniawan Fajar Prasetyo menjelaskan, pohon tumbang setelah diterpa angin kencang disertai hujan deras. Dia mewanti-wanti agar masyarakat waspada. Pengendara diimbau tidak berteduk di bawah pohon besar.

“Jika petir menyambar, lebih baik mematikan perangkat elektronik. Berteduh di tempat aman. Masyarakat harus tetap waspada dan siaga,” imbaunya, kemarin (23/1).

Selain pohon tumbang, bencana longsor juga terjadi di sejumlah titik. Diawali longsor di Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Minggu (16/1). Bahkan sempat terjadi longsor susulan pada Selasa (18/1).

Longsor dilaporkan juga menimpa Desa Tarubatang dan Tlogolele, Kecamatan Selo. Material longsor sempat menutup akses jalur alternatif Boyolali-Magelang. Meski pembersihan jalan rampung, namun masih perlu dilakukan pembersihan saluran air.

“Hujan deras mengguyur Boyolali beberapa waktu terakhir. Perlu waspada terhadap potensi longsoran tebing dengan tekstur tanah gembur. Terutama di daerah pegunungan. Meski ditanamai pohon-pohon ringan, tapi potensi longsor pasti ada,” imbuhnya.

Camat Selo Joko Prihanto menambahkan, tanah longsor terjadi dibeberapa titik. Seperti di jalan Tlogolele-Klakah atau sisi utara Dusun Karang, Desa Tlogolele. Longsor juga terjadi di jalan alternatif Tlogolele-Wonolelo, Magelang. Pascalongsor, warga bersama BPBD dan TNI/Polri langsung melakukan pembersihan secara manual, dengan peralatan sederhana.

“Pembersihan juga dilakukan dengan diguyur air agar jalan tidak licin. Selain itu, longsor juga terjadi di jalan Selo-Ampel. Tepatnya di Desa Tarubatang yang juga menutup akses jalan,” terangnya. (rgl/fer/dam)

#Pohon #Tumbang #Halaman #Satlantas #Polres #Boyolali #Timpa #Mobil