Polemik Penjaringan Perangka Desa, Komisi I Panggil Kades Silomukti #Polemik #Penjaringan #Perangka #Desa #Komisi #Panggil #Kades #Silomukti

Polemik Penjaringan Perangka Desa, Komisi I Panggil Kades Silomukti

SITUBONDO – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengundang perangkat dan Kepala Desa Silomukti, Kecamatan Mlandingan, Senin (17/01). Itu dilakukan, setelah sebelumnya para wakil rakyat tersebut mendapat laporan dari warga yang tidak puas dengan hasil penjaringan perangkat desa.

Ketua Komisi I DPRD, H. Faisol mengatakan,  undangan dilakukan untuk mendengarkan secara detail terkait laporan warga. Mulai pembentukan panitia  hingga tahap penjaringan perangkat Desa Silomukti.

“Tadi secara keseluruhan kita sudah mendapatkan jawaban. Lalu kemudian saya langsung menindak lanjuti infomasi itu dengan rapat koordinasi dengan DPMD, Inspektorat, bagian hukum dan Camat Mlandingan untuk merumuskan bersama sama,” Kata H. Faisol, Senin (17/1).

Politisi PPP itu menjelaskan, bahwa intens proses penjaringan perangkat Desa Silomukti ada indikasi percepatan. Padahal, menurut aturan Perbub Nomor 9 tahun 2017, proses tahapan pemberhentiam perangkat desa harus mendapat rekomendasi terlebih dahulu dari camat.

“Tapi ini langsung dilakukan  pemberhentian, tidak menunggu rekomendasi dari camat. Bahkan langsung dimasukkan intens proses penjaringan. yang seharusnya empat perangkat, tapi muncul enam perangkat. Ini yang menjadi diskusi kita tadi. insyaallah intens waktu dekat ini rekomendasi kita sudah selesai dan akan dikeluarkan,” Jelas H. Faisol.

Pihak inspektorat seharusnya juga harus mendapatkan mandat. Karena dari dua perangkat desa yang dianggap harus diberhentikan itu yang menjadi polemik adalah antara pihak Kecamatan yang tidak merekom atau desa yang sudah mengeluarkan SK  pemberhentian terlebih dulu.

“Jadi sekarang sedang di audit oleh pihak inspektorat terkait kevalidan dan kebenaran data antara  kepala desa yang meng SK dulu atau camat yang tidak memberikan rekomendasi. Itu nanti inspektorat yang akan memberikan hasilnya setelah diaudit,” pungkasnya. (mg4/pri)

#Polemik #Penjaringan #Perangka #Desa #Komisi #Panggil #Kades #Silomukti