Pontianak akan membangun SPALD skala kota #Pontianak #akan #membangun #SPALD #skala #kota

Pontianak akan membangun SPALD skala kota

Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat  akan membangun Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik (SPALD) skala kota dengan dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Rabu, mengatakan bahwa pemerintah berencana membangun dua Instalasi pengolahan air limbah domestik yang mencakup 16.500 sambungan tempat tinggal dari Jalan Kom. Yos Sudarso hingga Jalan Martapura.

Baca juga: Pemkot Pontianak bangun sistem pengolahan air limbah domestik skala kota

“Harapan kita kalau ini terbangun kurang lebih ada 16 ribu sambungan maka akan berpengaruh terhadap kualitas lingkungan kita, sehingga menjadi semakin lebih bersih dan terkelola dengan baik,” katanya.

Menurut dia, intens hal ini pemerintah kota bertanggung jawab melakukan pembebasan lahan yang akan digunakan untuk membangun instalasi pengolahan air limbah domestik.

Wali Kota mengatakan bahwa lahan yang akan digunakan untuk membangun instalasi pengolahan air limbah meliputi lahan di Nipah Kuning yang sudah menjadi milik pemerintah kota dan lahan di Martapura yang masih intens proses pembebasan lahan.

Baca juga: Pemkot Pontianak kaji opsi lahan IPAL domestik skala perkotaan

Direktur Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Prasetyo mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Pontianak intens mengatasi pencemaran lingkungan.

“Tentunya kami mengapresiasi apa yang saat ini dilakukan Pemkot Pontianak, khususnya intens rangka persiapan pembangunan sistem pengelolaan limbah domestik terpusat untuk Kota Pontianak yang difasilitasi oleh Kementerian PUPR,” katanya.

Pembangunan sistem pengolahan air limbah domestik dengan 16.500 sambungan tempat tinggal di Kota Pontianak ditargetkan selesai intens waktu enam tahun.

Baca juga: Landak siapkan rencana induk penyelenggaraan SPALD

#Pontianak #akan #membangun #SPALD #skala #kota