Potensi Gempa & Tsunami di Selat Sunda Lebih Tinggi dari Tsunami Aceh, Ahli Imbau Soal Mitigasi #Potensi #Gempa #Tsunami #Selat #Sunda #Lebih #Tinggi #dari #Tsunami #Aceh #Ahli #Imbau #Soal #Mitigasi

Potensi Gempa & Tsunami di Selat Sunda Lebih Tinggi dari Tsunami Aceh, Ahli Imbau Soal Mitigasi

TRIBUNJABAR.ID – Lindu atau gempa bumi yang melanda Banten, Jumat (14/1/2022) masih menjadi perbincangan.

Gempa bermagnitudo 6,7 ini terasa hingga Jakarta, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat.

Gempa tersebut terjadi Jumat sore pukul 16.05 WIB.

Gempa susulan pun dilaporkan terjadi hingga lebih dari 30 kali.

Seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (15/1/2022) pakar Tektonik Aktif Geologi Gempa Bumi dari Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM, Gayatri Indah Marliyani mengatakan gempa Banten itu merupakan bagian dari zona megathrust Jawa.

Berdasarkan analisis gempa, Gayatri menambahkan bahwa pusat gempa Banten yang merupakan megathrust Jawa ini ditunjukkan dari kedalamannya yang cukup besar yaitu 40 kilometer.

Perekayasa di Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai Badan Riset dan Inovasi Nasioanl (BRIN), Widjo Kongko mengatakan gempa Banten yang berpusat di Selat Sunda tidak menyebabkan tsunami.

Sebab, gempa tersebut terjadi di daerah yang disebut sebagai seismic gap atau zona yang tidak menunjukkan adanya aktivitas seismik.

Akan tetapi, gempa Banten tersebut, dikatakan Widjo menandakan Indonesia termasuk wilayah yang rentan bencana gempa bumi dan tsunami.

“Gempa yang terjadi di Banten ini mengingatkan adanya potensi ancaman di Selatan Jawa, Selat Sunda, Sumatera, dengan potensi megathrust-nya,” ujar Widjo dikutip dari laman resmi BRIN, Senin (17/1/2022).

#Potensi #Gempa #Tsunami #Selat #Sunda #Lebih #Tinggi #dari #Tsunami #Aceh #Ahli #Imbau #Soal #Mitigasi