Profil Muhammad Rafli, Striker Arema FC yang Menikahi Putri Waketum PSSI #Profil #Muhammad #Rafli #Striker #Arema #yang #Menikahi #Putri #Waketum #PSSI

Profil Muhammad Rafli, Striker Arema FC yang Menikahi Putri Waketum PSSI

Bolatimes.com – PSSI sudah mengumumkan 27 nama pemain yang akan dibawa oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk laga uji coba di FIFA Matchday mendatang, salah satunya adalah Muhammad Rafli.

Namun, Muhammad Rafli belum bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia yang berlangsung di Bali karena melangsungkan pernikahan dengan Laras Carissa Devinta yang tak lain putri Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto.

Adapun pernikahan Muhammad Rafli dan Laras Carissa Devinta dilangsungkan secara khidmat, pada Jumat (21/1/2022).

Pemain Arema FC itu pun menjadi salah satu pemain baru yang dipanggil Shin Tae-yong. Ia menggantikan posisi yang sebelumnya dihuni Kushedya Hari Yudo pada gelaran Piala AFF 2020.

Salah satu alasan munculnya nama Rafli barangkali berkaitan dengan usia pemain ini yang baru menginjak 23 tahun. Sehingga, dia bisa memperkuat timnas Indonesia U-23 saat nantinya tampil di gelaran Piala AFF U-23 2022.

Sebetulnya, Muhammad Rafli bukan sosok yang benar-benar baru dipanggil oleh Shin Tae-yong. Dia sebelumnya sempat dipanggil memperkuat Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia pada Juni 2021.

Muhammad Rafli tunangan dengan putri Waketum PSSI, Iwan Budiant0. (Instagram/muhammadrfl)
Muhammad Rafli tunangan dengan putri Waketum PSSI, Iwan Budiant0. (Instagram/muhammadrfl)

Lantas, siapakah sosok Muhammad Rafli ini?

Profil Muhammad Rafli

Muhammad Rafli merupakan sosok asli kelahiran Malang pada 24 November 1998. Dia sudah menggeluti sepak bola sejak anak-anak.

Dia tercatat pernah menimba ilmu sepak bola dengan ASIOP Apacinti dari 2006 hingga 2014. Rafli lalu pindah ke akademi Bhayangkara, tetapi tak terlalu lama pindah ke ASIFA.

ASIFA sendiri merupakan akademi sepak bola milik pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Rafli tercatat satu tahun berada di ASIFA.

Setelah menimba ilmu di mana-mana, Rafli akhirnya bergabung dengan Arema FC pada 2017. Tercatat, hingga sekarang Arema menjadi satu-satunya klub profesional yang dibela oleh Rafli.

Perjalanan Rafli untuk menembus tim utama Arema FC tidak mudah. Dia jarang mendapat kesempatan di awal-awal musim di sana.

Rafli cuma mencatatkan 7 penampilan di Liga 1 2016/17. Jumlah ini meningkat seiring musim berganti dan semakin konsistennya penampilan Muhammad Rafli.

Liga 1 2021/22 menjadi musim yang paling moncer bagi Muhammad Rafli sejauh dia membela Arema FC. Dari 18 pertandingan yang sudah dilakoni, dia sudah mencetak 4 gol dan 2 assist.

Untuk karier Rafli di tim nasional, dia pertama kali melakoni debut dengan Timnas Indonesia U-19 pada September 2016 saat melawan Thailand.

Dia kemudian melakoni debut untuk Timnas U-23 pada Juni 2019 dan kembali saat melawan Thailand. Rafli juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-23 yang meraih medali perak SEA Games 2019.

Muhammad Rafli lantas melakoni debutnya di Timnas Indonesia pada 25 Mei 2021 dalam laga uji coba melawan Afghanistan di Dubai.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

#Profil #Muhammad #Rafli #Striker #Arema #yang #Menikahi #Putri #Waketum #PSSI