Program MaRandang Bank Nagari berlanjut pada 2022 dengan alokasi Rp12 miliar #Program #MaRandang #Bank #Nagari #berlanjut #pada #dengan #alokasi #Rp12 #miliar

Program MaRandang Bank Nagari berlanjut pada 2022 dengan alokasi Rp12 miliar

Padang, (ANTARA) – Bank Nagari kembali melanjutkan Pembiayaan/Kredit pada Program Melawan Rentenir Daerah Ranah Minang (MaRandang) dengan alokasi dana Rp12 miliar pada 2022.

“Program MaRandang tetap berlanjut, kebijakan dan strategi yang kami laksanakan adalah dengan meningkatkan sosialisasi dan edukasi dan sinergi dengan semua stakeholders,” kata Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra di Padang, Rabu.

Menurut dia, kepedulian semua pihak akan mendorong masifnya program ini. Pihaknya juga mengharapkan sinergi dengan lembaga zakat yaitu Baznas, UPZ, lembaga nazhir wakaf dan program keumatan dari masjid-masjid.

Ia mengatakan total target penyaluran sebesar Rp11,250 miliar dan masing-masing cabang sesuai dengan pagu KUR Super Mikro yang tersedia dan dialokasikan kepada masing-masing cabang.

Program Marandang ini bagian dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro yang ditujukan guna mengatasi rentenir di daerah minang.

Program ini resmi diluncurkan oleh Bank Nagari bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada Juli 2021 lalu dengan total realisasi hingga akhir Desember 2021 sebesar Rp6,047 miliar kepada 623 nasabah.

Pinjaman kredit pada KUR Super Mikro ini berbentuk Konvensional dan Syariah dengan plafond sampai dengan Rp10 juta.

Keuntungan mendapatkan kredit ini yaitu memberikan suku bunga hanya 6 persen per tahun dan jangka waktu sampai dengan 36 bulan.

Kemudian, sistem bunga sliding harian, dengan biaya administrasi yang ringan serta proses pengurusan yang cepat dan mudah.

Selama persyaratan kredit, calon nasabah perlu membawa Surat Keterangan Usaha atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), pas foto suami istri 4×6, foto copy KTP, Kartu Keluarga dan Surat Nikah suami istri. (*)

#Program #MaRandang #Bank #Nagari #berlanjut #pada #dengan #alokasi #Rp12 #miliar