Ratusan CJH Mundur #Ratusan #CJH #Mundur

Ratusan CJH Mundur

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Ratusan calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Mojokerto, mengundurkan diri. Mereka menggagalkan rencananya berangkat ke Tanah Suci karena faktor ekonomi.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto M Zainut Tamam mengatakan, jumlah pembatalan haji selama dua tahun ini mengalami kenaikan. Tercatat, sejak tahun 2020 lalu, sebanyak 152 CJH mengundurkan diri.

Angka ini meroket di tahun 2021 menjadi 319 CJH. ’’Untuk pembatalan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Asumsinya, kalau lihat dua tahun ini, naik 50 persen,’’ ungkapnya.

Hingga Senin (17/1), tercatat sudah ada 23 CJH menarik diri dari jadwal keberangkatan. Penyebab banyaknya CJH yang memilih mengudurkan diri ini, dikatakannya, beragam. Ada yang disebabkan meninggal dunia, ada pula yang sudah menjalani haji. Namun, paling banyak pengunduran diri ini disebabkan faktor ekonomi. ’’Paling banyak karena ekonomi akhirnya mundur. Bahkan ada yang sudah pelunasan tahun kemarin jadi daftar tunggu tapi akhirnya mengundurkan diri juga. Bisa jdi karena pandemi, usahanya ngadat atau gimana, yang bisa satu-satunya diambilkan ya dari porsi haji ini,’’ terangnya.

Mantan Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Kabupaten Mojokerto ini menyebut, banyaknya jumlah pengunduran CJH juga senada dengan penurunan pendaftar haji.

Ia merinci, di tahun 2019 lalu, jumlah pendaftar haji mencapai sekitar 3.000 orang. Namun, sejak tahun lalu, hanya 1.732 orang. ’’Awal tahun ini, jumlah pendaftarnya juga sangat kecil. Bahkan beberapa hari ini, nihil pendaftar. Sehari dua pendaftar itu sudah paling banyak,’’ bebernya. (oce/ron)

#Ratusan #CJH #Mundur