Ratusan guru TPQ dan pesantren di Aceh Barat sudah terima insentif Rp1,8 miliar #Ratusan #guru #TPQ #dan #pesantren #Aceh #Barat #sudah #terima #insentif #Rp18 #miliar

Ratusan guru TPQ dan pesantren di Aceh Barat sudah terima insentif Rp1,8 miliar

Meulaboh (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pendidikan Dayah pada tahun 2021 lalu telah menyalurkan dana insentif atau honor guru pesantren dan guru pengajar Alquran dengan total mencapai Rp1,8 miliar.

“Penyaluran dana insentif kepada guru pesantren dan guru pengajar Alquran ini, sebagai bentuk kepedulian Bupati Aceh Barat kepada dunia pendidikan dayah dan agama Islam,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Barat Zulkifli di Meulaboh, Selasa.

Ia merincikan, dari total Rp1,8 miliar dana yang sudah disalurkan tersebut, kata dia, meliputi insentif guru pesantren tradisional (dayah) sebanyak 80 orang dikalikan Rp1 juta per orang selama 12 bulan, dengan total mencapai Rp960 juta.

Kemudian untuk insentif guru pengajar di Taman Pengajian Alquran (TPQ) di Kabupaten Aceh Barat, dialokasikan kepada 140 orang guru, dikalikan Rp500 ribu per orang selama 12 bulan, dengan total anggaran sebesar Rp840 juta.

Zulkifli mengatakan sumber dana insentif guru pesantren tradisional (dayah) dan guru pengajar Alquran di setiap TPQ di Aceh Barat, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2021.

Ia mengatakan penyaluran dana tersebut sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam meningkatkan syiar Islam di masyarakat.

Hal ini sekaligus meningkatkan pendidikan agama Islam bagi dunia pendidikan khususnya di pesantren maupun di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) tersebar di seluruh Aceh Barat, kata Zulkifli.

#Ratusan #guru #TPQ #dan #pesantren #Aceh #Barat #sudah #terima #insentif #Rp18 #miliar