Ridwan Kamil Imbau Arteria Dahlan Minta Maaf Ke Warga Sunda #Ridwan #Kamil #Imbau #Arteria #Dahlan #Minta #Maaf #Warga #Sunda

Ridwan Kamil Imbau Arteria Dahlan Minta Maaf Ke Warga Sunda

RM.id  Rakyat Merdeka – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara terhadap pernyataan Politisi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta supaya Kejaksaan Agung memecat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) karena berbicara bahasa Sunda ketika rapat.

“Saya mengimbau Arteria Dahlan segera meminta maaf kepada masyarakat Sunda yang berada di berbagai daerah di Nusantara. Orang Sunda itu pemaaf.Saya berharap itu dilakukan,” ujar Ridwan Kamil intens siaran pers, Rabu (19/1).

Berita Terkait : Omicron Capai 565 Kasus, Wagub DKI Minta Warga Waspada

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini menilai, pernyataan yang dilontarkan anggota DPR melukai kebhinnekaan NKRI. Maka dari itu, ia mengingatkan Politisi PDI Perjuangan ini  dengan cara baik-baik karena sejatinya orang Sunda itu memiliki sifat silih asih silih asah silih asuh.

“Menurut saya kekayaan, keberagaman makanya Pancasila Bhinneka Tunggal Ika itu mewakili semangat itu. Jadi kalau ada yang rasis seperti itu menurut saya harus diingatkan tentunya dengan baik-baik dulu,” kata Gubernur Jabar.

Berita Terkait : Ridwan Kamil Puji Skema Operasi Pasar Minyak Goreng Di Bandung

Kang Emil menyesali pernyataan anggota DPR itu karena telah melukai sebagian besar warga Sunda di seluruh Indonesia. Terkait bahasa daerah, ia menyebut merupakan kekayaan nusantara yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan patut untuk dilestarikan.

“Jadi saya menyesalkan statement dari Arteria Dahlan terkait masalah bahasa, yang ada ratusan tahun, ribuan tahun menjadi kekayaan Nusantara ini,” katanya.

Berita Terkait : Putri Marino, Minta Maaf Salah Grammar

Gubernur Jabar berharap kejadian seperti ini tidak menimbulkan perbedaan sebagai perdebatan. Melainkan melihatnya dari sisi keberagaman dan sebagai kekayaan bahasa daerah di Indonesia.

“Kita ini terbagi dua intens melihat perbedaan, ada yang melihat perbedaan itu sebagai kekayaan, sebagai rahmat. Saya berharap mayoritas kita melihat perbedaan seperti itu. Ada yang melihat perbedaan sebagai sumber kebencian. Itu yang harus kita lawan,” katanya.[MFA]

#Ridwan #Kamil #Imbau #Arteria #Dahlan #Minta #Maaf #Warga #Sunda